banner 650x65

Jakarta, katasulsel.com – Keputusan mengejutkan dari Istana Negara hari ini menghebohkan jagat politik tanah ai, Senin, 19 Agustus 2024.

Presiden Joko Widodo baru saja melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menggeser posisinya dari jabatan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang telah dia duduki sejak 2019!

Pelantikan yang berlangsung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta Pusat ini, sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 92 Tahun 2024, membenarkan rumor yang sudah beredar sejak awal Agustus.

Berita reshuffle ini sebelumnya sempat dibantah keras oleh pihak istana, namun hari ini, semua spekulasi itu terbukti benar!

Dalam momen dramatis tersebut, Jokowi membacakan sumpah jabatan dengan penuh khidmat.

“Demi Allah saya bersumpah,” ujar Jokowi dengan nada serius, diikuti oleh Bahlil yang juga mengucapkan ikrar setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

“Ini adalah langkah strategis dari Jokowi!” kata analis politik. “Bahlil, yang dikenal sebagai pengusaha sukses dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), akan menghadapi tantangan besar di sektor ESDM, yang tengah menjadi sorotan nasional.”

banner 650x650