banner 650x65

Dalam kepercayaan lokal, ini dianggap sebagai tanda bahwa danau berada dalam keadaan baik dan siap untuk memberi kehidupan dan berkah kepada masyarakat sekitar.

Legenda menceritakan bahwa Raja Tawes bukanlah ikan biasa yang lahir dari telur ikan tawes lainnya. Ia lahir dari sebuah telur yang diberikan oleh dewa perairan sebagai hadiah kepada masyarakat Sidrap.

Telur itu ditemukan oleh seorang pemuda yang sedang memancing di danau. Ketika telur itu menetas, muncullah seekor ikan tawes yang sangat besar dan berkilau keemasan.

Dewi Perairan yang sangat berbelas kasih memberi anugerah kepada ikan tersebut untuk menjadi pelindung dan penjaga danau.

Sejak saat itu, Raja Tawes menjadi simbol harapan dan keberuntungan bagi penduduk Sidrap. Ia dipercaya memiliki kemampuan untuk membawa hasil tangkapan ikan yang melimpah dan melindungi desa dari bencana.

Dalam satu tahun sekali, pada bulan purnama pertama, Raja Tawes akan muncul di permukaan danau dalam sebuah ritual yang disebut “Pesta Tawes.”

Pada malam itu, penduduk desa berkumpul di tepi danau dengan berbagai makanan dan persembahan. Mereka memanjatkan doa dan ucapan syukur kepada Raja Tawes untuk menjaga kesejahteraan dan kelimpahan hasil panen.

banner 650x650