banner 650x65

Sengkang, Katasulsel.com – Festival Danau Tempe 2024 baru saja dimulai, dan antusiasme masyarakat tampaknya tak tertahan

Pj. Bupati Wajo Andi Bataralifu dalam sambutannya, Jumat, 23 Agustus 2024, dengan semangat memaparkan bahwa acara ini adalah sorotan pariwisata utama di Kabupaten Wajo dan Provinsi Sulawesi Selatan

Meski belum masuk dalam daftar 110 event unggulan Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun ini, Bupati Andi Bataralifu menegaskan tekadnya untuk menjadikan Festival Danau Tempe sebagai magnet wisata yang berkualitas setiap tahun.

Tapi tunggu dulu, jangan berpikir bahwa Festival Danau Tempe 2024 tanpa tantangan! Andi Bataralifu mengungkapkan masalah mendalam yang mengancam keindahan Danau Tempe – pendangkalan tahunan sekitar 30 cm yang membuat air meluap ke permukiman saat musim hujan.

Wow, bisa membayangkan? Pendangkalan ini terjadi akibat sedimentasi tanah dan lumpur yang dibawa oleh aliran sungai dan anak sungai, sementara aliran keluar danau hanya satu!

Kabar Baik! Meskipun masalah ini mengancam, ada sinar harapan di ujung terowongan.

Pemerintah Pusat akan melanjutkan revitalisasi Danau Tempe pada 2024-2025 setelah sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

banner 650x650