banner 650x65

Gowa, Katasulsel.com — Penyediaan data statistik yang berkualitas sebagai pondasi utama dalam perencanaan dan pengambilan keputusan pembangunan harus ditingkatkan. Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten Gowa terus berupaya memperkuat kolaborasi dan koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

Hal ini disampaikan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN) 2024 di Baruga Tinggimae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (18/9).

“Rujukan data kita, baik itu ekonomi, kesehatan, pertanian, hanya satu yaitu BPS dan itulah yang menjadi dasar kita untuk mengambil kebijakan pembangunan di Kabupaten Gowa. Oleh karena itu, datanya harus akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Menurut Adnan, pelaksanaan FGD ini sangat penting dalam membahas langkah strategis untuk menghasilkan data yang valid dan akurat untuk pembangunan daerah, yang nantinya dapat mendukung visi besar Indonesia Emas 2045.

“BPS Gowa telah menunjukkan kontribusi luar biasa dalam menyajikan data berkualitas. Pada 2023, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tercatat sebesar 5,82 persen, yang merupakan tertinggi kedua di Sulawesi Selatan. Hal ini karena kolaborasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten dengan BPS Gowa dalam mengumpulkan dan mengolah data yang ada,” terang Bupati Gowa dua periode ini.

Lanjut Adnan, perkembangan positif ini masih perlu untuk didorong mengingat untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045 diperlukan perencanaan yang matang berdasarkan data yang berkualitas, akurat, dan mutakhir.

“Penguasaan data, terutama di bidang pembangunan SDM, teknologi, ekonomi, serta pemerataan infrastruktur diharapkan dapat mendukung langkah-langkah kita mencapai visi Indonesia Emas 2045 sebagai negara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Gowa, Ari Prihandini menyampaikan bahwa kegiatan Peringatan HSN ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya data statistik dalam setiap aspek kehidupan dan mendorong kegiatan statistik sesuai dengan kaidah yang berlaku di Indonesia.

“Kami mengajak seluruh insan statistik dan pemerintah daerah untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam penyediaan data yang akurat, relevan, dan mutakhir untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045,” ucap Ari di dalam sambutannya.

FGD yang dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada SKPD, BUMD, instansi vertikal, dan perusahaan swasta sebagai instansi produsen data dan responden terbaik yang telah proaktif dalam mendukung kegiatan BPS ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Andy Azis.(PS)

. (PS)

banner 650x650