banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com – Afrah Naila Arkana D, peserta didik SDN 107 Bangakala Kabupaten Enrekang kembali meraih prestasi dan sukses membawa piala untuk Provinsi Sulawesi Selatan dalam Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Nasional Tahun 2024. Sebagai wakil Provinsi untuk tingkat Nasional, juara Harapan II merupakan capaian yang membanggakan karena berhasil masuk dalam 6 besar dari 30 utusan masing-masing provinsi.

Selama 3 hari dari 17-20 September 2024, Afrah didampingi oleh Tim Provinsi yang terdiri dari Dispusip Sulsel dan Dispustaka Enrekang. Pada sesi hari kedua, Kamis, 19 September, Afrah tampil dengan nomor urut 21 dan membawakan cerita rakyat Maiwa berjudul Pajujung Dapok dihadapan para juri. Cerita Pajujung Dapok sendiri merupakan cerita yang dikarang oleh Suhartini dan diterbitkan Penerbit Kulibuku Maspul.

Pengumuman dilangsungkan pada jumat, 20 September di Jakarta. Hasil penilaian juri, Afrah meraih total nilai 4.075, hingga dinobatkan sebagai Juara Harapan II. Untuk Juara I diraih wakil dari provinsi Yogyakarta Juara II Jawa Barat, Juara 3 Jawa Tengah, disusul Juara Harapan I Jatim, dan Juara Harapan III Nusa Tenggara Barat.

Hasil yang diraih oleh Afrah tentunya disambut dengan gembira oleh para Tim Provinsi yang menyaksikan langsung pengumuman. Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Perpustakaan dan Minat Baca, Mawarsi, yang langsung melaporkan dari Jakarta, mengaku bangga dengan raihan yang diperoleh Afrah. Menurutnya, untuk sampai ke tingkat Nasional, membutuhkan banyak perjuangan dan proses pendampingan yang tidak mudah, sehingga ia pun mensyukuri hasil yang diraih. Apalagi partisipasi Afrah merupakan wakil provinsi, yang tentunya mengangkat nama Kabupaten Enrekang.

“Alhamdulillah, perjuangan Nak Afrah luar biasa, telah membawa Sulsel khususnya kabupaten Enrekang karena berhasil meraih prestasi patut kita syukuri dan apresiasi kepada seluruh pihak yang selama telah mendukung terutama keluarga Afrah, sekolah, dan tentunya dari perpustakaan”, ujarnya melalui sambungan komunikasi WA.

Menyambut kabar gembira tersebut, Plt. Kepala Dispustaka Enrekang, Amrullah, memberikan selamat dan mengapresiasi atas kerja keras tim yang telah mendampingi pelajar kabupaten Enrekang dapat menampilkan yang terbaik di pentas nasional.

“Kabar ini tentuya sangat menggembirakan buat kita, karena peserta didik dari Enrekang berhasil meraih prestasi dan mampu bersaing di tingkat nasional dengan masuk 5 besar”, kata Amrullah sesaat setelah mendapatkan informasi pengumuman lomba tersebut.

Sementara itu, Afrah pun mengaku terharu atas hasil yang diraihnya, apalagi selama proses persiapan hingga tampil, ia terus mendaptkan perhatian dan dibimbingan dari tim baik pelatih, guru pendamping maupun pihak perpustakaan serta pihak-pihak yang mendukung. Setelah menerima piala dan hadiah, ia pun menyambut para tim dan menyampaikan terima kasih.

“Alhamdulillah, terima kasih banyak atas bimbingan selama ini dari seluruh pihak, hingga saya bisa meraih juara dan memberikan kebanggaan bagi Sulsel dan Enrekang”, katanya di sela-sela lokasi lomba.(*)

banner 650x650