banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com –Setelah anggota Komisi X DPR RI dari dapil III Sulsel Mitra Fakhruddin MB membagikan sebanyak 30 ribu program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi yang ia perjuakan di Pusat melalui Kementerian Pendidkan,Kebudayaan,Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) tahun 2024 tahap pertama dan kedua.

Kini,masih ada lagi kuota sebanyak 26 ribu yang akan dibagikan di tahap ketiga pada Oktober 2024 bulan depan mulai dari Murid Sekolah Dasar (SD),Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegah Atas (SMA) hingga Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Enrekang.Untuk penerima Sekolah Dasar (SD) masing-masing Rp 450 ribu per siswa,Sekolah Menengah Pertama (SMP) Rp 750 per siswa dan untuk (SMA) hingga Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) masing-masing Rp 1,8 juta per siswa.

“Alhamdulillah,yang belum mendapatkan besiswa tahap satu dan dua.Sataf kami di DPR RI memberikan informasi bahwa untuk tahap ke tiga akan dilakukan pengumputan lagi mulai tanggal 21-30 September tahun ini sebanyak 26 ribu,”kata Mitra Fakhruddin MB di depan ribuan orang tua penerima beasiswa di Alun-alun kecamatan Alla,Jumat (20/09/2024).

Sehingga siswa yang belum mendapatkan program tersebut ditahap satu dan tahap dua,kata Mitra Fakhruddin akan dimput lagi untuk mendapatkan beasiswa pada bulan Oktober 2024 mendatang.

“Yatemai anakkata yato edapa na ampak besiswa te’dibagi mo,kita imput lagi tanggal 21-24 September,”ujarnya dengan dialeg Dury Enrekang-nya yang artinya anak-anak sekolah yang belum mendapatkan beasiswa yang dibagi sekarang kita imput lagi tanggal 21 Oktober.

Ia mengatakn,program beasiswa yang ia jalankan selama menjabat di DPR RI adalah program dari Kementerian Pendidikan yang dibagikan kepada seluruh anggota komisi X DPR RI termasuk dirinya untuk di distribusikan kepada masyarakat di derah pemilihanya Sulsel III yang meliputi 9 kabupaten yakni,kabupaten Luwu,Luwu Timur,Luwu Utra,Palopo,Toraja,Toraja Utara,Enrekang,Pinrang dan kabupaten Sidrap.

“Kami diberikan kuota sebanyak 46 ribu beasiswa per anggota dewan di komisi X setiap tahunya untuk di didtribusikan kepada semua kabupaten yang kami wakili,”beber Mitra.

Menurutnya,kuota 49 ribu besiswa tersebut ia maksimalkan di kabupaten Enrekang,karena ingin milhat kampung kelahiranya maju dan berkembang seperti daerah-daerah lain yang ada di Repoblik ini.

“46 ribu ribu beasiswa itu saya punya tanggung jawab moral.Kita berikan amanah saya pada tahun 2021 lalu sehingga saya sampikan kepada semua teman-teman-teman tim ahli utuk maksimalkan Enrekang,sehinnga 30 ribu program itu ada di Enrekang,”jelas Mitra ketua Fraksi PAN DPR RI ini.

Olehnya itu,melalui jalur pendidkan tersebut.Mitra Fakhruddin MB berharap kepada para orang tua siswa agar menyekolahkan anaknya dengan baik.

“Melalui program ini,dorong anak-anak kita untuk meraih cita-cita mereka.Yakin dan percaya suatu saat kita bisa tampil di kanca Nasional meskipun kita tinggal di Desa.Ta passikola rampai temai adi-adingku untuk meraih cita-citanya,”harap Mitra dalam dialeg Duri Enrekangnya yang artinya kita sekolahkan adek-adekku dengan baik untuk meraih cita-citanya.

Olehnya itu,lanjut Mitra meskipun kita tinggal di kampung jauh dari Ibu Kota jangan berkecil hati karena banyak tokoh-tokoh yang yang berasal dari kampung menjadi orang sukses.

“Meskipun kita dari kampung jangan berkecil hati.Siapa sangka seorang Mitra dari desa dari kampung bisa jadi anggota DPR, oleh karen itu melalui jalur pendidikan adek-adek ku gantukang cita cita anda setinggi langit karen kita tidak tau nasip sese orang dimasa yang akan datang,”tutupnya.(*)

banner 650x650