banner 650x65

Sidrap, katasulsel.com – Kehancuran total! Angin puting beliung yang mengerikan menerjang Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) pada Minggu sore, 22 September 2024. Fenomena angin dahsyat ini terjadi jelang maghrib, tepat pukul 16.12 WITA, meluluhlantakkan 21 rumah dan berbagai fasilitas umum!

Angin mematikan ini pertama kali muncul dari barat di sekitar kawasan SKPD, kemudian melesat ganas ke timur, menghancurkan Wala Deceng, dan terus melaju ke Bulo Wattang, Kecamatan Panca Rijang. Tak ada yang luput dari terjangan puting beliung!

H. Sudirman, Kepala BPBD Sidrap, mengungkapkan bahwa tiga kecamatan—Maritenggae, Watang Sidenreng, dan Panca Rijang—menjadi korban amukan alam. “Rumah-rumah warga porak-poranda, fasilitas pendidikan rusak, dan tiang listrik di Bacu Bacue tumbang,” katanya, menambah kesan betapa dahsyat bencana ini.

Namun, wilayah yang paling parah terdampak adalah Bulo Wattang, di mana atap-atap rumah beterbangan dan bangunan-bangunan ambruk tanpa ampun. Beruntung, wilayah tersebut bukan area padat penduduk sehingga korban jiwa berhasil dihindari.

Tim BPBD bergerak cepat! Bantuan sementara berupa terpal telah disalurkan kepada korban yang rumahnya kehilangan atap. Perbaikan jaringan listrik dan fasilitas umum kini sedang dikebut. Sidrap terhenti sejenak, namun warga bertekad bangkit dari kehancuran!

Tetap waspada! Puting beliung bisa saja kembali kapan saja! (*)

banner 650x650