banner 650x65

Sidrap, Katasulsel.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sidrap menggelar kegiatan capacity building untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan pendapatan daerah. Kegiatan yang bertema “Optimalisasi Pendapatan Pajak Daerah Melalui Kanal Elektronik” dibuka oleh Plt Kepala Bapenda Sidrap, Jemmi Harun, Rabu, 25 September 2024

Dalam acara ini, pemateri dari Bank Sulselbar, Reza Dwi Putra, memberikan pengetahuan dan strategi mengenai pemanfaatan teknologi pembayaran elektronik. Peserta yang hadir terdiri dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Bapenda dan koordinator pengelola pendapatan daerah.

Jemmi Harun menyampaikan bahwa tujuan utama dari capacity building ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan teknis ASN dalam memanfaatkan teknologi pembayaran elektronik. Ia menekankan pentingnya penerapan kanal pembayaran elektronik dalam meningkatkan pajak daerah.

“Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya penerapan kanal pembayaran elektronik dalam meningkatkan pajak daerah,” ujarnya.

Jemmi juga menggarisbawahi tiga poin penting menuju optimalisasi pajak daerah: penguatan regulasi, implementasi digitalisasi, dan peningkatan kapasitas SDM pelayanan dan koordinator pajak sebagai pengelola. Ia menambahkan perlunya implementasi strategi baru untuk meningkatkan efisiensi pemungutan pajak daerah secara non-tunai.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap inovasi terus dilakukan demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Para ASN Bapenda serta pengelola pajak daerah diharapkan dapat segera mengimplementasikan proses pelayanan publik yang lebih baik,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, para peserta diberikan wawasan tentang praktik transaksi serta strategi optimalisasi pemanfaatan sistem pembayaran seperti QRIS, transfer bank, virtual account, dan platform pembayaran elektronik lainnya. Jemmi menutup dengan harapan bahwa peningkatan kapasitas SDM adalah kunci untuk mencapai tujuan optimalisasi pendapatan daerah, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.(*)

banner 650x900