banner 650x65

Sidrap, Katasulsel.com – Mengembangan kapasitas nelayan, Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Peternakan dan Perikanan melaksanakan pelatihan pembuatan jaring insang di Kelurahan Wette’e Kecamatan Panca Lautang, Rabu (25/9/2024).

Kegiatan dibuka langsung Penjabat (Pj.) Bupati Sidrap, H. Basra didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Suharya Angriani, di aula kantor kelurahan setempat.

Basra mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan nelayan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi penangkapan ikan.

“Pelatihan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sidrap untuk meningkatkan kapasitas dan sumber daya para nelayan untuk dapat lebih maju teknologinya dalam menangkap ikan,” terang Basra.

Ia juga mengingatkan para nelayan agar senantiasa menggunakan alat menangkap ikan yang ramah lingkungan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Hal ini agar kelestarian sumber daya perikanan tetap terjaga,” ujar Basra.

Sementara itu Suharya Angriani menjelaskan, pelatihan tersebut sebagai bentuk pelaksanaan program prioritas Pj. Bupati Sidrap terkait dalam penanganan kemiskinan ekstrim.

“Jadi kegiatan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada nelayan,” ungkapnya.

Suharya menyatakan, setelah mengikuti pelatihan itu nelayan diharapkan mampu membuat alat penangkapannya sendiri dan bisa meningkatkan pendapatan dan perekonomian mereka.

“Untuk itu kepada seluruh peserta agar memanfaatkan pelatihan dengan sebaik-baiknya. Ikut pelatihan dengan tekun dan semangat agar ilmunya dapat diserap dengan baik,” pesannya.

Turut hadir di acara ini, Kepala Bidang Perikanan Disnakkan, Muhammad Irzul, Sekcam Panca Lautang, Hj. Gumiati, Lurah Wette’e, Hastina, Kasubag Umum dan Kepegawaian Disnakkan, Awaluddin Hasan, serta Laenggeng Kote selaku pemateri.

banner 650x900