banner 650x65

Sidrap, katasulsel.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), menegaskan komitmennya untuk memperjuangkan anggaran cadangan pangan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pokok tahun 2025.

Hal ini diutarakan oleh Anggota DPRD Sidrap, Samsumarlin, dalam keterangannya, Rabu, 25 September 2024.

Menurut Samsumarlin, alokasi anggaran cadangan pangan sangat krusial untuk menjaga ketahanan pangan di Sidrap dan menekan inflasi yang berdampak langsung pada masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pemerintah daerah segera mengusulkan anggaran tersebut masuk dalam rancangan APBD 2025.

“Tentu ini sangat penting, dan kita tentu akan sangat menyayangkan jika anggaran untuk cadangan pangan ini tidak dimasukkan dalam R-APBD 2025,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPRD Sidrap itu, juga menegaskan bahwa cadangan pangan ini berhubungan erat dengan kesejahteraan masyarakat banyak, terutama dalam menghadapi berbagai potensi krisis pangan yang mungkin muncul.

DPRD Sidrap berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan anggaran ini diakomodasi dengan baik.

Langkah DPRD Sidrap yang siap memperjuangkan anggaran cadangan pangan melalui APBD 2025 patut diapresiasi.

Di tengah tantangan ketahanan pangan yang semakin kompleks, terutama di wilayah Sulawesi Selatan, penganggaran untuk cadangan pangan menjadi kebutuhan mendesak.

Pernyataan dari Samsumarlin sejalan dengan evaluasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) terkait daerah-daerah yang belum memiliki anggaran cadangan pangan, termasuk Sidrap.

Pemprov Sulsel, melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Andi Muhammad Arsjad, mengungkapkan bahwa Sidrap termasuk dalam enam kabupaten yang belum menganggarkan cadangan pangan.

Pemprov berharap Sidrap segera memperbaiki kondisi ini melalui skema penganggaran di tahun 2025.

Melihat data yang disampaikan oleh Pemprov, bahwa cadangan pangan di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan saat ini baru mencapai 22,64% dari total kebutuhan ideal sebesar 2.247,29 ton, penting bagi semua daerah termasuk Sidrap untuk mengambil langkah cepat.

banner 650x900