banner 650x65

Maros, Katasulsel.com – Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Serealia (BSIP Serealia) Maros, meneguhkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penerapan Standar Pelayanan Publik (SPP). 

Penerapan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang responsif dan relevan kepada masyarakat, termasuk petani, pengusaha, dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam wawancara yang berlangsung di Kantor PPID Serealia, Rabu, (2/10), Humas BSIP Serealia, Rahmi Yuliani Arvan, menjelaskan bahwa SPP yang baru saja diimplementasikan ini ditetapkan pada 6 November 2023 melalui kegiatan Public Hearing. 

banner 700x300 banner 700x300 banner 700x300

“Sistem pelayanan terpadu yang digunakan di BSIP Serealia berbasis pada SOP Kementerian Pertanian. Setiap instansi memiliki motto yang berbeda, dan di sini, mottonya adalah SIGAP, yang mengedepankan pelayanan cepat dan responsif,” tuturnya.

Motto SIGAP, yang merupakan singkatan dari Senyum, Ikhlas, Gesit, Aktif, dan Profesional, mencerminkan semangat BSIP Serealia dalam memberikan layanan yang berkualitas. 

Rahmi menekankan, pihaknya berkomitmen untuk melayani dengan semangat dan profesionalisme, “Melalui motto ini, kami ingin memastikan setiap layanan yang diberikan dapat memenuhi harapan masyarakat,” akunya

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan, BSIP Serealia secara rutin melakukan evaluasi tingkat kepuasan masyarakat melalui berbagai survei, termasuk Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP), serta Survei Persepsi Antikorupsi (SPAK). 

“Survei ini memungkinkan kami untuk mendapatkan masukan dari masyarakat mengenai layanan yang kami berikan, sehingga dapat menjadi acuan untuk perbaikan,” jelas Rahmi.

Setiap umpan balik dari publik akan dianalisis dan diterjemahkan ke dalam tindakan nyata untuk perbaikan di lapangan. 

“Dengan adanya SKM, SPKP, dan SPAK, kami dapat lebih transparan dalam menilai kinerja kami dan memastikan bahwa kami tetap berkomitmen terhadap pelayanan yang sigap dan profesional,” tambahnya.

BSIP Serealia menyediakan beberapa layanan, antara lain:

Layanan Penyebarluasan Hasil Standar Instrumen Tanaman Serealia, meliputi Layanan Informasi Publik, Layanan Perpustakaan, Layanan PKL/Magang, dan 

Layanan Kunjungan.

Layanan Laboratorium, mencakup Laboratorium Pengujian Benih, Laboratorium Hama dan Penyakit, serta 

Ada juga, Laboratorium Biomolekuler.

Layanan Unit Pengelola Benih Sumber, termasuk Penjualan Benih Kelas BS (benih penjenis) dan BD (benih dasar).

Dengan upaya ini, BSIP Serealia bertekad untuk memperkuat citra lembaganya serta memastikan bahwa semua pihak dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan memperoleh pelayanan yang positif dan responsif.

Penulis: Mahasiswa PPL UINAM

banner 650x400 banner 400x1000