banner 650x65

Enrekang, Katasulsel.com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-79, Kodim 1419/Enrekang menggelar upacara dan Demonstrasi di Lapangan Upacara Makodim 1419/Enrekang Jln. Pahlawan No.12 Lingk. Talaga Kel. Juppandang Kec. Enrekang Kab. Enrekang Sabtu (5/10/2024).

Dengan mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

banner 400x600

Bertindak sebagai Inspektur Upacara tersebut Dandim 1419/Enrekang Letkol Inf Augustiar Adinegoro, S.Hub.Int, Komandan Upacara oleh Pasi Ops Letda Kav David, Perwira Upacara Pasi Pers Kapten Inf Abd. Gani dan Pengucap Sapta Marga Serma Sudarman.

Hadir dalam upacara peringatan HUT TNI tersebut, Kapolres Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH. S, Ik., MM, Kepala Kejaksaan Negri Enrekang Padeli, SH, M, Hum, Kalaksa BPBD mewakili Pj. Bupati Enrekang Ir. Arsil Bagenda, M.M, Ketua Pengadilan Negeri Enrekang, Ari Prabowo, SH, MH, Kepala Rutan Kelas II B Enrekang Muh. Sain, S.Sos, M.Si, dan Para tamu undangan.

Seluruh unsur komponen bangsa dilibatkan dalam upacara HUT TNI, mulai dari Polri, Satpol PP, BPBD Enrekang serta Siswa/siswi Sekolah Kab. Enrekang.

Dalam kesempatan ini Dandim 1419/Enrekang Letkol Inf Augustiar Adinegoro, S.Hub.Int, bertindak sebagai komandan upacara. Dalam amanatnya, membacakan pesan dari Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang mengajak seluruh prajurit TNI untuk selalu bersyukur atas kesehatan dan kesempatan dalam memperingati hari bersejarah ini.

“Upacara tahun ini mengusung tema TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju, Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara,” kata Dandim dalam amanatnya.

Dalam amanatnya Ia juga menekankan kepada seluruh prajurit TNI untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu:

Pertama, Perkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan meluangkan waktu serta meluaskan hati untuk selalu beribadah.

Kedua, Pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber- Bhinneka Tunggal Ika.

Ketiga, Tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas kedepan.

Keempat, Bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, semua instansi maupun komponen bangsa, guna menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman, tertib dan lancar.

Kelima, Laksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan dilandasi niat ibadah, serta hindari segala bentuk tindakan melawan hukum atau merugikan rakyat, karena tugas kita semata-mata adalah untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Pada akhir amanat, Dandim 1419/Enrekang Letkol Inf Augustiar Adinegoro, S.Hub.Int, menyampaikan apresiasi atas dedikasi para prajurit TNI dan mengingatkan pentingnya netralitas dalam Pilkada Serentak mendatang, Upacara diakhiri dengan semangat persatuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia,” tegasnya.

Selain upacara, rangkaian kegiatan HUT TNI itu juga diwarnai dengan berbagai kegiatan lain antara lain, Demonstrasi Senam Maumere/Kreasi oleh Ibu-Ibu Persit KCK Cabang XLIII Kodim 1419/Enrekang Koorcab Rem 141 PD XIV/Hasanuddin, Demonstrasi Bela Diri Militer Yongmoodo oleh Prajurit TNI Kodim 1419/Enrekang dan Penanggulangan Bencana Alama yang diikuti intansi terkait Kab. Enrekang.(*)