banner 600x50

Sidrap, Katasulsel.com – Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) tengah mempersiapkan diri menghadapi penilaian Adipura tahun 2024. Dijadwalkan penilaian akan berlangsung pekan pertama November 2024.

Sebagai salah satu langkah persiapan, berlangsung rapat koordinasi melibatkan berbagai pemangku kepentingan, Kamis (17/10/2024) di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Sidrap.

Rapat dipimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Muhammad Yusuf dihadiri Camat Maritengngae, Andi Surya Praja Hadiningrat, perwakilan OPD terkait, para lurah se-Kecamatan Maritengngae, pengelola tempat pengelolaan sampah dengan konsep reduce, reuse, recycle (TPS3R), dan undangan lainnya.

Disebutkan dalam rapat, setiap OPD terkait maupun tim yang dibentuk agar melakukan pembenahan dan pembersihan di lokasi titik pantau yang telah ditentukan. Titik tersebut di antaranya kantor lingkup Kompleks SKPD, serta kantor Camat Maritengngae.

Selanjutnya, perumahan 10 Pangkajene, perumahan SMEA Rijang Pittu, perumahan Griya Mitra Muda, jalan arteri (utama) dan jalan kolektor, pertokoan, pedagang kaki lima, retail modern, rumah makan, pasar dan terminal Pangkajene, TPA Patommo, bank sampah induk Sidrap, bank sampah kawasan SKPD, dan bank sampah Bhayangkari.

“OPD diharapkan melaksanakan kegiatan kerja bakti di lingkungan kantornya. Diharapkan pula masyarakat agar berpartisipasi dalam hal pengelolaan sampah di lingkungan masing-masing,” ujar Yusuf.

Ia juga mengingatkan, pembenahan dilakukan bukan hanya karna ingin meraih Adipura. “Tetapi bagaimana meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan utamanya dalam hal pengelolaan sampah,” lontarnya.

Yusuf selanjutnya menguraikan, Kabupaten Sidrap sudah lima kali meraih Piala Adipura, di mana terakhir diraih tahun 2023 lalu.

“Tahun lalu Sidrap meraih Adipra untuk tahun 2023 yang penilaiannya dilakukan di bulan Februari 2024. Untuk Adipura 2024 penilaiannya dimajukan, dilakukan di bulan November 2024,” tandasnya.