banner 600x50

Enrekang, Katasulsel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang terus mempersiapkan pelaksanaan debat terbuka pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Enrekang yang akan digelar pada 27 Oktober 2024, pada pukul 11.30 wita mendatang.

Komisioner KPU Enrekang, Muh. Rahmat mengatakan bahwa telah dilakukan kajian mendalam terkait lokasi pelaksanaan debat publik atau debat terbuka paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Enrekang Tahun 2024.

Dia mengatakan, awalnya tempat disiapkan untuk debat ada tiga lokasi setelah melakukan kajian bersama tim KPU Enrekang, Polres Enrekang dan LO dari masing masing paslon dan LO partai pengusung, yakni Gedung Natiromata (Enrekang), Taman Bermain Kota Enrekang dan Aula Ponpes Darul Falah.

“Dalam proses kajian, saran dan masukan terhadap ketiga tempat tersebut berkembang selama diskusi,” jelasnya.

Ia mengatakan, ada sejumlah variabel pertimbangan seperti keramaian, parkir, hambatan lalul lintas termasuk faktor keamanan selama debat publik. Selain itu, kapasitas gedung, sarana dan prasarana, alat penyiaran serta lancarnya penyiaran itu sendiri juga menjadi pertimbangan.

“Adanya pendapat dan masukan ketiga tempat yang ditawarkan dari kajian menghasilkan pandangan yang masih mengambang,” jelasnya.

Lebih jauh Rahmat menjelaskan, KPU Enrekang kembali menerima masukan baru dari pihak keamanan adanya fasilitas umum yang layak dan memenuhi variabel untuk debat publik yakni Ponpes Rahmatul Asri (Maiwa) dan Ponpes Darul Falah (Enrekang).

Usai menerima masukan tersebut, pihaknya bersama unsur terkait melakukan peninjauan dan rapat bersama.

“Setelah diskusi panjang, maka disepakati Aula Ponpes Rahmatul Asri Maiwa yang akan digunakan sebagai lokasi debat nanti,” pungkasnya. (*)