banner 600x50

“Proyek ini bukan hanya soal perbaikan fisik, tetapi juga penguatan sumber daya manusia dan sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat,” tambahnya.

Makassar Siap Jadi Contoh Ketahanan Asia

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Nur Kamarul Zaman, menyambut hangat proyek ini. Menurutnya, ARC merupakan pengakuan atas potensi Makassar untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. “Sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta akan terus kami dorong, dengan harapan Makassar bisa menjadi teladan bagi kota-kota lain,” ungkapnya.

Proyek ini diawali dengan lokakarya multisektoral yang melibatkan para ahli ketahanan perkotaan dan adaptasi iklim, serta profesional yang pernah terlibat dalam proyek Building Healthy Cities (BHC). Jeffrey Labovitz, Kepala Misi IOM Indonesia, menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali hambatan, merancang strategi ketahanan, dan memetakan rencana aksi.

“Makassar punya potensi besar, dan kami yakin ARC akan berdampak positif pada ketahanan kota, menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia,” kata Labovitz.(*)