5 Kelebihan MediaTek pada Processor HP Dibanding yang Lain

Silakan Share

JAKARTA — Berbicara soal gadget seolah tak ada habisnya. Semakin maju teknologi, para produsen ponsel pun tak lelah berinovasi. Salah satunya yaitu processor mediatek. Apa kelebihan mediatek?

Mendengar pertanyaan tersebut, maka sebagian konsumen yang sudah paham mengenai processor pasti akan langsung membandingkan dengan rivalnya yakni snapdragon. Begitu populernya ponsel dengan processor tersebut, hingga membangun stigma masyarakat bahwa mediatek berada di level kedua.

Padahal, chipset mediatek hanya kalah di aspek kecepatan khususnya pada aktivitas gaming. Namun, processor ini masih memiliki keunggulan yang terbukti mampu mengalahkan sang rival. Apa saja kelebihannya? Berikut beberapa diantaranya.

Kelebihan Prosesor Mediatek

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kelebihan mediatek, akan lebih baik jika kita memahami terlebih dahulu apa itu mediatek.

Mediatek merupakan perusahaan manufaktur yang berpusat di Taiwan. Perusahaan ini memproduksi produk semikonduktor dengan harga relatif murah dan yang berkembang hingga kini ialah processor untuk ponsel Android.

Adapun kelebihan dari processor mediatek tersebut antara lain, yaitu:

●       Hemat Penyimpanan

Mediatek menggunakan CPU Core standar, hal ini mungkin terlihat sebagai kelemahan karena dengan teknologi tersebut, mediatek tidak dapat menampilkan grafis dengan maksimal dan juga tidak mampu menampung aplikasi berat seperti game.

Namun, ini justru menjadi salah satu kelebihan dari mediatek. Di mana dengan teknologi CPU Core standar, processor ini tidak butuh RAM yang besar. Artinya, lebih hemat dalam hal penyimpanan.

BACA JUGA:  Diawali Komisioner KPU Sidrap, Disusul Staf dan Masyarakat Lainnya

●       Harga Merakyat

Oleh karena tidak membutuhkan RAM besar, serta kemampuan menampung aplikasi yang standar, otomatis mempengaruhi harga ponsel yang menggunakan processor jenis ini.

Dengan keterbatasan performanya, maka harga ponsel dengan prosesor mediatek lebih terjangkau. Hal ini juga bagian dari strategi market mediatek yang memang fokus membidik middle range. Tidak seperti kompetitornya yang merambah ke seluruh level, mulai dari low end hingga high end.

●       Unggul di Artificial Intelligence

Melalui situs benchmarking memang sudah terbukti jika mediatek kalah dalam hal kecepatan. Namun, mereka unggul di Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Aspek ini juga dijadikan fokus dalam chipset mereka.

Diakui perusahaan memang masih kurang optimal dalam hal promosi maupun upaya brand awareness atas processor ponsel ini. Namun, mediatek memang berkomitmen untuk melakukan promosi dengan cara cerdas seperti berbagi informasi pengembangan processornya.

Ini dilakukan untuk memberikan kesempatan pelanggan, agar bisa memilih prosesor sesuai kebutuhan juga kemampuan. Bukan sekedar popularitas atau mengikuti kebanyakan.

●       Hemat Daya

Keunggulan lain dari mediatek yakni konsumsi daya yang hemat. Hal ini karena dipengaruhi oleh minimnya penggunaan RAM oleh processor ini.

Teknologi yang standar dan tidak makan RAM, membuat konsumsi daya lebih sedikit dibandingkan dengan processor kompetitor yang memberi tampilan grafis maksimal serta menampung aplikasi berukuran besar.

BACA JUGA:  Dalam Rangka Hari Juang TNI, AKBP Ponco Indriyo Ikut Donor Darah di Makodim Sidrap

●       True Octa Core Pertama di Dunia dan Mendukung Multitasking

Tahun 2013, mediatek menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan chipset tipe octa core yang pertama ada di dunia dengan kecepatan 1,7-2 GHz. Inovasi ini diaplikasikan pada beberapa brand smartphone yang cukup populer di masyarakat, karena mampu memutar konten 4K.

Dengan tampilan grafis yang cukup baik dan juga kecepatan yang lebih baik dari sebelumnya, membuat mediatek kembali menemukan pasarnya. Hal ini karena mereka tak pernah lelah berinovasi untuk mengembangkan produknya, agar mampu menjawab kebutuhan juga permintaan konsumen.

Selain itu, mediatek juga sangat mendukung kinerja multitasking Anda. Dengan processor ini, memungkinkan Anda untuk membuka lebih dari satu aplikasi di satu waktu tanpa perlu khawatir terjadi lag pada smartphone.

Pekerjaan Anda bukan hanya lebih mudah untuk dikerjakan, tetapi juga lebih cepat terselesaikan.

Salah satu smartphone yang menggunakan processor mediatek adalah Vivo Y21t. Anda dapat membelinya secara offline maupun online. Jika memilih berbelanja online, maka rekomendasi yang sangat disarankan yaitu melalui marketplace terpercaya Indonesia di Blibli.com.

Toko online terlengkap dan terpercaya, yang senantiasa menomor satukan pelanggannya. Pilihan produk yang lengkap dan berkualitas dari banyak brand terkenal membuat Anda lebih leluasa untuk memilih produk sesuai kebutuhan.

Begitu pula dengan ponsel yang dilengkapi prosesor mediatek di dalamnya. Blibli, memberikan harga terbaik bagi Anda dibandingkan online store lainnya. Jangan lewatkan juga, beragam promo yang bisa Anda dapatkan.

BACA JUGA:  Provinsi Apresiasi TP PKK Enrekang Berprestasi di Tingkat Nasional

Mulai dari gratis ongkir, diskon, cashback sampai dengan voucher untuk pengguna baru. Anda bisa membeli ponsel Vivo Y21t dengan harga kisaran dua jutaan saja. Proses pengiriman cepat, metode pembayaran juga beragam sehingga memudahkan pelanggan untuk bertransaksi di Blibli.

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa mediatek merupakan processor yang memang membidik pasar kalangan menengah. Oleh karena itu spesifikasinya pun menyesuaikan ponsel middle range.

Pada beberapa aspek, mungkin terlihat seolah mediatek tidak lebih baik dari rival atau kompetitornya. Namun, sebenarnya hal ini untuk memberikan pilihan bagi para pelanggan agar bisa memperoleh ponsel dengan harga serta spesifikasi sesuai kebutuhan juga kemampuan keuangan.

Jadi, jika Anda membutuhkan ponsel untuk aktivitas gaming tentu mediatek bukan pilihan yang ideal. Namun, jika Anda membutuhkan ponsel menengah dengan kemampuan standar serta kualitas dapat diandalkan, maka ponsel dengan prosesor mediatek bisa dijadikan pilihan.

Kelebihan mediatek yang sudah diulas di atas, bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih ponsel di Blibli. Dapatkan ponsel berkualitas dengan harga terbaik, hanya di toko online terlengkap, terpercaya, tidak ribet dan proses cepat, serta banyak promo yang bisa Anda dapatkan. Di mana lagi jika bukan di Blibli pastinya! (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.