banner 728x250
Berita  

Adakan Seminar, BNK Sidrap Mendadak Tes Urine Peserta

Silakan Share

Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sidrap, bekerja sama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, mengelar seminar anti narkoba di Aula Kompleks SKPD, Senin (21/3/2022).

Seminar dengan tema “Provinsi Sulawesi Selatan BERSINAR (Bersih Narkoba)”, digelar dalam rangka HUT ke-20 BNN RI. Pesertanya, para kepala sekolah SD dan SMP dari Kecamatan Kulo, Panca Rijang dan Baranti.

Sebelum acara dimulai, panitia dibantu petugas dari RS Arifin Nu’mang melakukan tes urine secara mendadak kepada seluruh peserta. Dari hasil tes tersebut, seluruh peserta dinyatakan negatif narkoba.

Adapun seminar dibuka Bupati Sidrap diwakili Sekretaris Daerah, Sudirman Bungi. Ketua BNK Sidrap yang merupakan Wakil Bupati Sidrap, H. Mahmud Yusuf hadir sekaligus membawakan materi seminar. Tampak pula, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andi Faisal Burhanuddin, Kepala Badan Kesbangpol, Indah Said Roem, dan Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud, Syamsuddin.

BACA JUGA:  Sambangi Tokoh Adat Hindu Towani (To'lotang), Kapolres Sidrap Ajak Dukung Percepatan Vaksinasi

Sudirman Bungi membawakan sambutan Bupati Sidrap mengatakan, dampak dan korban narkotika dari tahun ke tahun semakin meningkat, membahayakan generasi muda, sehingga memerlukan penanganan yang serius.

Penanganan ini, lanjut Sudirman, harus dilakukan secara dini dengan melibatkan seluruh potensi yang ada baik di pemerintah dan pihak-pihak terkait, utamanya para kepala sekolah dan guru di sekolah. “Oleh karena itu, kami harapkan kepada kepala sekolah dan guru untuk terus memantau anak-anak didik di sekolah,” pintanya.

Di kesempatan itu, Sudirman mengutip sebuah kisah yang pernah disampaikan cendikiawan muslim, Quraish Shihab tentang seorang yang bercita-cita mengubah dunia, mengubah negerinya dan keluarganya. Namun dalam perjalanannya, dia sadar itu mustahil tanpa diawali merubah diri sendiri.

BACA JUGA:  Wah, Ternyata Karakter Seseorang Bisa Dibaca dari Caranya Memakai Jam Tangan

Benang merah dari kisah ini, jelas Sudirman, perubahan paling mendasar harus dimulai dari diri sendiri. Jangan harap dapat mengubah orang lain, apalagi dunia, kalau diri sendiri tidak mau berubah.

“Oleh karena itu saya mengajak seluruh pihak ambil bagian dalam pemberantasan narkoba, dimulai dari diri sendiri dan keluarga kita, untuk memberi semangat spirit bahwa narkoba itu menghancurkan masa depan kita dan bangsa,” pesan Sudirman.

Selanjutnya melalui seminar tersebut, Sudirman berharap para kepala sekolah maupun guru bisa memberi contoh kepada generasi muda agar lebih paham akan bahaya yang ditimbulkan narkoba, sehingga ke depannya tidak ada satu pun pendidik maupun pelajar yang terjerumus narkoba.

BACA JUGA:  Bupati-Wabup Sidrap Hadiri Anniversary Ladoraka ke-35

“Sejalan dengan seminar ini kami mengajak para guru dapat melindungi dan memberi pengertian kepada anak anak kita dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Berilah penjelasan yang tekun, melalui komunikasi dan sosialisasi yang efektif sejak dini,” harapnya.

“Selamat mengikuti seminar, jadikanlah ilmu ini sebagai pedoman dan pegangan dalam rangka menghindar dari penyalahgunaan narkoba, sayangi lingkungan, sayangi keluarga dan sayangi diri kita,” pungkas Sudirman.

banner 120x600
crossorigin="anonymous">

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *