PALU — Mahalnya biaya sewa ambulans di daerah menjadi kendala bagi para warga kurang mampu untuk melakukan rujukan perawatan ke rumah sakit. Ditambah lagi sulitnya warga kurang mampu menemukan ambulans gratis membuat para warga mengandalkan mobil pick-up dan angkutan lainnya untuk pergi ke rumah sakit. Tak jarang pula para warga harus mengeluarkan ongkos untuk menyewa kendaraan tersebut.

Merujuk pada kasus yang sering terjadi di lapangan, Adira Finance Syariah menyalurkan bantuan dana kebajikan untuk bidang kesehatan, berupa bantuan satu unit ambulans yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat Sulawesi Tengah dan Sulawesi bagian lainnya sebagai bentuk untuk meringankan beban warga yang tidak mampu khususnya Dhuafa yang membutuhkan layanan antar jemput pasien secara gratis.

Bantuan ini diserahkan dan akan dikelola oleh Dompet Dhuafa, suatu lembaga kemanusiaan yang mengelola dana sosial masyarakat dan dana kemanusiaan. Seremoni serah terima bantuan satu unit mobil ambulans berlangsung di Kantor Cabang Unit Syariah (KCUS) Palu 2 (dua), Car Yos Sudarso, Kota Palu, yang dilakukan oleh Kepala Wilayah Area Sulampapua Adira Finance Nanang Kurniawan kepada Pimpinan Dompet Dhuafa Regional Sulawesi Rahmat Hidayat HM pada Senin (7/2/2022).

“Bantuan mobil ambulans gratis dari Adira Finance Syariah siap melayani kebutuhan masyarakat kurang mampu di Sulawesi Tengah dari kota hingga pelosok yang akan melakukan pengobatan maupun rujukan ke rumah sakit, dan siap juga untuk melayani pengantaran jenazah serta kebutuhan darurat medis lainnya,” ujar Nanang Kurniawan.

“Harapan kami melalui kerja sama dengan Dompet Dhuafa, dana kebajikan ini dapat tersalurkan dan dikelola dengan baik, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat layanan mobil ambulans gratis ini,” tutup Nanang Kurniawan.

Dompet Dhuafa berterima kasih atas peran Adira Finance Syariah dalam aksi respons kemanusiaan terutama untuk para dhuafa yang berada di daerah terpencil dengan akses transportasi kesehatan yang minim. 

Sebagaimana yang diketahui saat ini, kebutuhan akan fasilitas kesehatan semakin meningkat, salah satunya ialah layanan ambulans. Tak semua orang bisa mendapatkan layanan ambulans karena biayanya yang cukup mahal, padahal kebutuhan yang tinggi dan ketersediaan ambulans yang masih kurang seimbang.

“Ambulans ini sangat dibutuhkan untuk menjangkau dan membantu masyarakat di medan-medan yang sulit dijangkau,” tutur Rahmat HM.