Wafat, Bupati Barru Sebut Djamaluddin Ismail Sosok Bersahaja

Silakan Share

Katasulsel.com, Sidrap — Upacara Pelepasan Jenazah Purnawirawan Polri yang juga Anggota DPRD Barru dari Fraksi Nasdem, H. Djamaluddin Ismail, SE, berlangsung sore tadi di Rumah Duka, Kessie, Tanete Rilau, Sabtu Sore, (2/7/2022).

Dilepas dengan upacara Korps Kepolisian, serta dihadiri langsung oleh Pejabat Pimpinan Pemerintahan Daerah, yakni Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si dan Ketua DPRD Barru Lukman T bersama segenap Wakil Ketua dan Anggota DPRD Barru, dan disaksikan oleh Pejabat Pemda dan Masyarakat Tanete Rilau, merupakan bentuk penghormatan tertinggi yang langka terlihat di Barru.

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si, yang memberikan narasi pada Upacara Pelepasan Jenazah dengan penuh khidmat.

“Di mata kami, Almarhum adalah pribadi yang bersahaja. Sosok senior dan orang tua yang layak jadi panutan. Di usianya yang tergolong tua, beliau masih punya semangat tinggi dalam mengabdikan diri untuk tanah Berru,” sebut Ketua Partai Nasdem Barru ini sembari berterima kasih atas dedikasi, pengabdian dan konstribusinya untuk Barru selama ini.

BACA JUGA:  Bupati Sidrap Ikuti Gelar Pengawasan Daerah Sulsel 2022

Dirinya berharap agar keluarga yang ditinggal diberi sabar, tegar dan ikhlas dan masyarakat Barru bersama mengirimkan Syafaat Alfatihah, mendoakan Almarhum.

“Selamat jalan, dan beristirahatlah dengan tenang di sisi-Nya,” tutupnya.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kabag Ops Polres Barru, Kompol Zainul Yasni Haryono, Perwira Upacara AKP Abdul Hamid Azikin, SH, dan Komandan Upacara IPDA Khaerudin S.Sos.

Jenazah kemudian dishalatkan di Masjid Kessie Muhajirin Kessie dan untuk selanjutnya dikebumikan di Pekuburan Islam Corawali, Lisu, Desa Lompo Tengah, Tanete Riaja dengan disertai Penghormatan Salpo.

Diketahui, Almarhum Djamaluddin Ismail adalah mantan Wakapolres Barru dimasa aktifnya, sebelum pensiun ditahun 2013 kemudian menduduki posisi politik sebagai Anggota DPRD Barru sejak 2014.

BACA JUGA:  Pangkalan SMAN 5 Sidrap Gelar Pelantikan Pramuka Penegak Bantara

Dirinya pernah terpilih dengan suara signifikan di Dapil III yang saat itu masih meliputi Tanete Riaja, Tanete Rilau dan Pujananting, pada Pileg 2014 dan kembali terpilih untuk Periode 2019-2024, yang saat ini hanya Satu Dapil V khusus Kecamatan Tanete Rilau dengan menggunakan Bendera Partai Nasdem, dan sebagai pengumpul Suara Rakyat terbanyak di Dapilnya.

Ketokohan Ayahanda dari Camat Tanete Rilau, Akmaluddin, S.STP, M.Si ini, memang mengakar dengan Figur Kharismatik yang tenang nan berwibawa, Almarhum berpulang ke Rahmatullah di Hari Jumat dalam Usia 68 Tahun.

Berikut kami sertakan kalimat Almarhum H. Djamaluddin Ismail, SE yang patut kita kagumi sebagai teladan dalam profesi di Kepolisian maupun ditengah masyarakat Barru agar mewujudkan filosofi pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat.

BACA JUGA:  116 CJH Sidrap Ikuti Bimbingan Haji, Berikut Pesan Dollah Mando

“Jadi saya ketika menjabat (Polisi) itu, kalau ada masyarakat yang menjadi pelaku kriminal, saya tidak mau memukul, pendekatan yang saya lakukan lebih kepada pendekatan persuasif. Kita ingatkan mereka tentang kekhilafan yang dilakukan. Saya selalu berprinsip bahwa Dia mlbukan musuh saya, melainkan sifat dan perbuatan jahatnyalah yang menjadi musuh bersama,” testimoni Almarhum yang dikutip dari Profil Anggota DPRD Barru.

Kini Almarhum tenang disisi Allah Subhanahu Wa Ta’Ala setelah berhasil dengan gemilang menjadi manusia paripurna sebagai kepala keluarga, aparatur negara, tokoh politik dan panutan masyarakat.

(Humas Barru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.