Camat dan Lurah di Sidrap Beri Tanggapan Seputar Lansia

Silakan Share

Katasulsel.com, Sidrap — Lurah Uluale, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Mustafa, memberi tanggapan atas adanya pemberitaan dan narasi di media sosial, terkait pasangan lanjut usia sakit parah di wilayahnya yang diabaikan pemerintah.

Ia dengan tegas menampik pernyataan yang menyebut pemerintah mengabaikan pasangan lansia Abdullah (62 tahun) dan Rosmini (57 tahun) tersebut.

“Itu sepenuhnya tidak benar, setiap bulan pihak puskesmas memerintahkan salah satu petugas kesehatan setempat untuk selalu mengontrol kesehatan kedua lansia itu,” beber Mustafa, Ahad (5/6/2022).

Mustafa menambahkan, pihaknya berniat membawa lansia tersebut ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan perawatan lanjutan.

“Namun kami terkendala karena pihak keluarga sendiri tidak setuju kalau kedua lansia tersebut kami rujuk ke rumah sakit, dengan alasan pihak keluarga sendiri tidak mampu menjaga di rumah sakit,” terangnya.

BACA JUGA:  Pusat Atensi Pasar Rakyat Wekkee Parepare

Diungkapnya pula, kedua lansia selama ini mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti PKH yang diterima tiap bulan dan bantuan lansia melalui Dinas Sosial Kabupaten Sidrap.

“Bahkan pemerintah selama ini memberikan BPJS gratis kepada Abdullah dan istrinya, kemarin juga pemerintah kecamatan membawakan beras ke rumah beliau,” sebut Mustafa.

Sementara itu Camat Watang Pulu, Andi Surya Praja Hadiningrat memberi penjelasan perihal kondisi rumah pasangan lansia yang tidak layak huni.

“Kami sudah dua tahun selalu mengusulkan untuk bedah rumah. Namun pemerintah daerah tidak memiliki program bedah rumah selama dua tahun kemarin, karena kebanyakan anggaran di seluruh kabupaten terfokus di penanganan covid-19 dan refocusing anggaran sesuai arahan pemerintah pusat,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pemkab Sidrap dan Bank Sulselbar Cabang Sidrap Sosialisasikan QRIS

Andi Surya juga memaparkan, pihaknya telah mengusulkan ke Baznas Sidrap untuk program bedah rumah lansia Abdullah.

“Kami juga sampaikan ke anggota DPRD Sidrap Dapil 3, Bapak Sudarmin Baba. Insya Allah beliau dalam waktu dekat akan membedah rumah Abdullah, dan Abdullah dan istrinya saat ini sudah dievakuasi pindah sementara untuk menunggu pekerjaan rumahnya selesai,” ucap Andi Surya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.