Diskepan Enrekang Pastikan Pangan Segar Asal Tumbuhan Aman

Silakan Share

Katasulsel.com, Enrekang — Dinas Ketahanan Pangan (Diskepan) Enrekang memastikan ketersediaan pangan di daerahnya masih aman.

Situasi itu dikemukakan, Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Diskepan Enrekang, Andi Anhar, S.TP, belum lama ini.

Sebagai Satgas Pangan, Andi Anhar mengaku telah melakukan operasi pasar dan pengawasan keamanan pangan di Pasar Kabere, Kecamatan Cendana.

Hasilnya, Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang beredar di pasaran bebas dari cemaran residu pestisida dan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Sayur–sayuran, buah-buahan dan ikan merupakan komoditi pangan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga kita wajib memastikan keamanannya,” kata Anhar.

Untuk pengawasan kandungan cemaran pestisida pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dilakukan sampling 5 jenis sayuran yaitu : tomat, cabe besar, cabe kecil, kubis dan bawang merah. Kemudian dilakukan uji cepat dengan menggunakan rapid test residu pestisida.

BACA JUGA:  46 Siswa Ikuti Seleksi Olimpiade Sains Nasional tingkat Kecamatan Dua Pitue

“Hasilnya menunjukkan bahwa 5 jenis sayuran tersebut masih aman konsumsi sedangkan sampel ikan teri yang diuji menggunaan rapid test uji formalin menunjukkan ikan tersebut aman, ” jelasnya.

Diskepan menyarankan, sebelum mengkonsumsi buah-buahan dan sayur sayuran diharapkan mencuci buah dan sayuran dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Sehingga residu pestisida yang menempel tersebut dapat larut atau hilang. Gosoklah apabila bisa karena cara ini dapat mengurangi residu pestisida yang menempel.

Cuci bagian-bagian tanaman yang dengan detail, misalnya pada lipatan halus, tangkai serta gumpalan kuntum bunga pada kol dan brokoli. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.