Berita  

Dukung Pencegahan PMK, Satbinmas Polres Sidrap Berikan Sosialisasi dan Edukasi Peternak Sapi

Silakan Share

Polres Sidrap – Dukung pencegahan PMK (Penyakit Kulit dan Kuku), Satbinmas Polres Sidrap di dampingi PPL Dinas Pertanian dan Peternakan berikan sosialisasi dan Edukasi terhadap Peternak Sapi guna mencegah masuknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi ternak di wilayah Kabupaten Sidrap.

Dimana saat ini telah terjadi penularan wabah di wilayah Provinsi Jawa Timur, untuk itu Kasat Binmas Polres Sidrap AKP Syarifuddin. HMT. SH bersama Kanit Binmas IPDA As’ad Usman dan di dampingi PPL Dinas Pertanian dan Peternakan Ibu Ir. Andi Gustiani lakukan pengecekan dan koordinasi ke peternakan sapi. Rabu (18/05/22)

Pada kesempatan itu Kasat Binmas AKP Syarifuddin. HMT, SH memberikan edukasi kepada peternak sapi milik La baco di lingk. Toddang Bojo, Desa Ciro – ciroe, Kec. Watang Pulu Kab. Sidrap untuk dukung pencegahan PMK mewabah di wilayah Kabupaten Sidrap.

BACA JUGA:  Giliran Kecamatan Kulo dan Kecamatan Panca Rijang Gelar MTS

“Para peternak untuk tetap tenang dan tidak panik serta tidak menjual apabila hewan ternaknya tertular PMK guna mencegah penularan namun hewan tersebut di isolasi dan di obati, angka kematian untuk PMK ini sangat kecil yaitu di bawah 5 % dan tidak menular ke manusia, untuk itu apabila menemukan adanya hewan yang tertulat agar segera melaporkan kepada petugas. “Ungkap Kasat Binmas

“Di tempat ini terdata ada 4 ekor sapi ternak dalam keadaan sehat, tidak di temukan ciri – ciri fisik sapi yang menunjukkan gejala terinfeksi penyakit PMK. “Lanjut Kasat Binmas

Kapolres Sidrap AKBP Ponco Indriyo. S.I.K., MH di tempat terpisah, berpesan kepada Personil Bhabinkamtibmas selalu memberikan informasi agar selalu berhati – hati dalam melakukan proses jual beli sapi ternak, tidak membeli atau mendatangkan sapi ternak jelang hari raya idul adha 2022 dari wilayah yang saat ini sedang terinfeksi penyakit PMK, pemilik ternak agar selalu melakukan pengawasan terhdapa hewan ternak dan apabila di temukan ciri dan gejala serupa agar segera melapor kepada pihak dinas peternakan setempat.

BACA JUGA:  Plt Gubernur Sulsel Target Perbaikan Sistem Keuangan

“Kesadaran dan kedisiplinan dalam memelihara, mengawasi dan merawat sapi ternak agar terhindar dari wabah PMK menjadi salah satu kunci utama agar wabah tersebut tidak masuk dan menular di wialayah Kabupaten Sidrap” tutup Kapolres Sidrap. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.