Hari Lahir Pancasila, Tokoh Muda Enrekang Irpan: Momentum Merekat Keindonesiaan

Silakan Share

ENREKANG — Tanggal 1 Juni menjadi salah satu momen yang begitu monumental bagi perjalanan bangsa Indonesia. Betapa tidak, tanggal 1 Juni 1945 silam founding Father bangsa ini telah mencetuskan point prinsip yang nantinya menjadi nilai-nilai luhur dan prinsip dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang terangkum dalam kata kunci pancasila

Karena oleh bapak bangsa pendahulu Soekarno dan kawan telah berhasil merumuskan point pancasila yang menjadi dasar negara pada tanggal 1 juni 1945 maka hingga saat ini setiap tanggal 1 juni di peringatilah sebagai hari lahir pancasila.

Hari lahirnya pancasila oleh setiap elemen bangsa memaknainya dengan cara dan tafsiran masing-masing, yang pada prinsipnya sebagai sebuah kesyukuran dan kebanggaan atas keberhasilan pendahulu kita merumuskan point – yang menjadi palsafah dan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:  Sidrap Siapkan Empat Bus Untuk Calon Jemaah Haji

Salah satu tokoh muda Enrekang yang juga pengusaha asal Papua memaknai hari lahirnya Pancasila sebagai wadah atau momentum lebih merekatkan keragaman keindonesiaan kira yang makin kompleks saat ini. Melalui media ini tepat hari lahirnya pancasila (1/6/2022).

“Ditengah kompleksitas keberagaman yang ada saat ini, momen hari lahir pancasila menjadi semangat untuk lebih merekatkan kita, berbeda-beda tapi kesatuan keindonesiaat tetap terjaga” ungkapnya.

Menurut owner PT. Cendrawasi Air Line tersebut, bahwa saat ini tantangan nyata yang di hadapi bangsa indonesia salah satunya adalah terlalu muda terpolarisasi karena berbagai issue kebangsaan, sosial, politik dan sebagainya.

“Tergadang karena media sosial kita gampang terprovokasi hingga terpolarisasi, nah momen hari lahir pancasila nilai-nilai kebangsaan, persatuan harus tetap terjaga samapi kapanpun” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.