banner 728x250
Berita  

Hari Raya Idul Fitri, Bupati Sidrap Ajak Masyarakat Bersilaturahim dan Tebar Kebaikan

banner 120x600
Bagikan

SIDRAP, — Pelaksanaan hari raya idul Fitri yang jatuh tepat Senin 2 Mei 2022, 1 Syawal 1443 Hijriah berlangsung khidmat.

Masyarakat bersama Pemerintah Kabupaten Sidrap bersuka cita menyambut hari raya yang penuh berkah setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa dan menahan hawa nafsu.

Tahun ini, pelaksanaan shalat Ied Tingkat Kabupaten dilaksanakan di Masjid Agung Pangkajene, kecamatan Maritengngae, Sidrap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Sidrap H.Dollah Mando mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah kepada seluruh jamaah shalat ied sembari menyampaikan permohonan maaf lahir dan bathin.

“Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir batin. Mari kita buka lembaran baru yang masih putih, dan kita tutup halaman lama yang terdapat noda yang dilakukan selama ini,” ungkap Bupati H.Dollah Mando yang dibacakan kepala Badan Inspektorat Sidrap  H.Rohadi Ramadhan,SIP.

Masih sambutan Bupati, Dollah Mando juga mengajak masyarakat untuk menyatukan niat yang tulus dan menghilangkan rasa iri, dengki, dendam, sifat sombong dan bangga dengan apa yang dimiliki.

BACA JUGA:  Disdagrin Sidrap Kembali Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng Rp14 Ribu per Liter

“Mari kita ganti semua sifat negatif dengan rasa kasih sayang dan rasa persaudaraan. Kita ulurkan tangan untuk saling bermaaf-maafan. Jangan biarkan kedengkian dan kebencian merasuk kembali ke jiwa kita yang telah suci,” ajaknya.

Rohadi mengingatkan walaupun saat ini masih pandemi tetapi nikmat kenikmatan dan keindahan lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah sangat terlihat.

“Tahun ini kita masih bisa merasakan terlihat dari pancaran wajah setiap orang dan setiap rumah, karena kita selalu berupaya untuk saling memupuk silaturahmi,” kata Rohadi membacakan amanah Bupati Sidrap.

Selanjutnya Dollah Mando menjelaskan pelajaran dan makna yang dapat dipetik dari mewabahnya Covid-19 kita diingatkan untuk selalu bersabar dan bersyukur dalam situasi apapun.

“Wabah ini juga mengingatkan bahwa kita adalah makhluk yang lemah, hanya dengan makhluk yang sangat kecil banyak orang menjadi tak berdaya bahkan meninggal dunia, hal ini seakan mengikis kesombongan diri manusia,” ujar Bupati Dollah Mando mengingatkan lagi.

BACA JUGA:  RS Nemal Sidrap Beri Klarifikasi Seputar Penanganan Pasien Bernama Aksan

Rohadi Ramadhan juga menyampaikan masyarakat Kabupaten Sidrap sudah melaksanakan Vaksinasi baik tahap 1 maupun 2 serta vaksinasi Booster.

“Mari jaga kondisi kehidupan secara harmonis dan saling menjaga kesehatan. Begitupun masyarakat yang belum divaksinasi secara menyeluruh agar melindungi diri dengan memberi imun Herd Immunity dengan vaksin di puskesmas setempat,”tandasnya.

Adapun personil shalat Ied Masjid Agung yang dihadiri ribuan masyarakat Sidrap yakni bertindak sebagai Khotib yakni DR, Ishak Samad,MA yang juga dosen tetap UMI Makassar.

Begitupun sebagai Imam yang memimpin langsung shalat Ied yakni imam besar Masjid Agung Pangkajene Ustadz Syamsul Alam dan sebagai Muballaq Abdullah.

Sementara dalam ceramahnya, Ustadz DR,Ishak Samad mengatakan Hari raya idul fitri 2022 adalah hari kemenangan umat muslim dalam merayakannya setelah berpuasa setelah menahan lapar, dahaga, hingga nafsu selama bulan ramadhan.

BACA JUGA:  Dollah Mando Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Abrar Desa Botto

“Hari ini hari yang Fitri, momentum saling memaafkan. Ulurkan tangan untuk bersilaturahmi. Mendoakan keselamatan dunia dan akhirat buat kedua orang tua kita yang mulai melahirkan hingga membesarkan kita. Tidak ada kesucian diri tanpa saling memaafkan, Insya Allah,”tutup Ustads Ishak Samad. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *