Jadi Pemateri, Ketua Kadin Sidrap Motivasi Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sidrap, AM Yusuf Ruby,SE menjadi pembicara di Seminar Kewirausahaan
Silakan Share

Katasulsel.com, Sidrap — Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sidrap, AM Yusuf Ruby,SE menjadi pembicara di Seminar Kewirausahaan, Minggu, 19 Juni 2022.

Seminar yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (Himap) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (UMS) Sidrap itu, dilangsungkan di Pelataran Rumah Kepala Desa Carawali, Kecamatan Watangpulu, Sidrap

Sejalan dengan tema yang diusung pihak penyelenggara seminar, yakni ‘Bagaimana Membaca Peluang Usaha yang Adaptif dan Inovatif di Masa Depan’ tersebut, Yusuf Ruby lebih banyak memberi motivasi kepada puluhan peserta.

Yusuf Ruby mengulas, menjadi pengusaha itu harus jeli melihat peluang bisnis di berbagai sektor. Sebab, ada banyak potensi yang bisa dikelola dan dikembangkan, khususnya di Sidrap untuk dijadikan usaha

BACA JUGA:  Pinrang Peringati Hari Bhayangkara ke-76

“Itu dulu yang harus ditanamkan dalam hati dan pikiran kita. Jangan sedikit-sedikit bilang susah menjadi pengusaha, sebab terkendala dana. Menurut saya itu nomor kesekian,” ulas Owner Hotel Grand Sidny Sidrap dalam materinya itu

Menurutnya, sebagai pemula, mahasiswa yang ingin memulai usaha bisnis tidak perlu terlalu tergantung pada modal usaha. “Alasan utama kita untuk tidak memulai usaha itu selalu karena terkendala modal awal,” ungkap pemilik Kedai Ruby ini.

Padahal, lanjut mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini, persoalan untuk mengawali usaha itu tidak terletak pada ada tidaknya modal.

“Hanya perlu keberanian, semangat  dan niat serta tekad yang kuat untuk berusaha. Itulah modal awal yang sebenarnya,” lontar cucu pengusaha legendaris Sidrap, Haji Massagoni ini.

BACA JUGA:  Calon Haji Sidrap Gabung Gowa dan Maros, Berangkat 18 Juni

Selain itu, urai Yusuf Ruby, kepercayaan dari pihak lainnya perlu dipupuk agar bisa membina usaha yang diminati dan direncanakan. “Sebelum memulai usaha, harus ada perencanaan yang matang. Survei dan studi lapangan. Apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar kita. Jangan latah atau ikut-ikutan dengan orang lain yang sudah berusaha lebih dahulu. Karena tidak semua orang bisa sukses di bidang usaha yang sama,” paparnya.

Selain Yusuf Ruby, Seminar Kewiraudahaan yang dibuka oleh Kepala Desa Carawali. M. Hafid Makkah ini juga mengundang dua pemateri lain yakni Dosen UMS dan Ketua Pemuda Tani HKTI Sidrap, Abdul Jabbar dan Anggota DPRD Sidrap/Pengusaha Peternak Ayam, H. Patahuddin. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.