Jenderal Dudung Ternyata Mantan Loper Koran

Silakan Share

Katasulsel.com Jakarta — Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, mengulik kisah hidupnya yang penuh lika-liku.

Salah satunya saat ia pernah menjadi seorang pengantar koran alias loper koran semasa ia kanak-kanak beranjak dewasa.

Hal itu terungkap dalam buku berjudul “Loper Koran Jadi Jenderal” yang di launching Jenderal Dudung di Aula Gedung A.H. Nasution Mabesad di Jakarta, Jumat, (10/6/2022).

Kesibukan menjadi loper koran, ditekuni Jenderal Dudung sejak usia 12 tahun.

Jenderal Dudung terpaksa menekuni pekerjaan itu karena desakan ekonomi keluarga. Maklum, Jenderal Dudung kala itu baru saja ditinggal pergi sang ayah karena sakit.

“Ketika itu, saya masuk usia SMA, selain jadi loper koran saya juga menjual klepon,” ungkap Jenderal Dudung dalam bukunya itu

BACA JUGA:  Suami Pukul Istri di Gowa Tempuh Keadilan Restoratif

Bagi Jenderal Dudung, menjadi seorang loper koran sangatlah menyenangkan dan penuh tantangan.

Bahkan menurut Jenderal Dudung bukan mustahil, pekerjaan itulh yang membuatnya hidup lebih bersemangat dan membentuk dirinya menjadi sosok pemuda yang tangguh dan bertanggung jawab

“Menjadi loper itu gampang-gampang sudah ya. Gampangnya karena diantarkan saja korannya ke rumah dan kantor-kantor yang berlangganan koran, tapi susahnya itu, harus tepat waktu, gak boleh korannya lama-lama sampai ke pelanggan,” kata Jenderal Dudung mengenang dirinya semasa kecil.

Lebih lanjut dikatakan Kasad, dalam buku ini juga diceritakan cara dirinya mempraktekkan seni kepemimpinan yang khas, yang selalu mengayomi prajuritnya, menjadi bapak, teman sekaligus pemimpin bagi seluruh kesatuan yang dipimpinnya sepanjang karier militernya hingga menjadi Kasad.

BACA JUGA:  Atlet Asal Sulsel Bersinar di Sea Games Vietnam, Gubernur: Kita Semua Bangga!

Kasad berharap, buku “Loper Koran Jadi Jenderal” ini dapat memberikan pengalaman dan manfaat kepada para generasi muda terutama para perwira remaja TNI, bahwa untuk mencapai karier yang tinggi sampai di puncaknya tidak serta merta instan tapi penuh perjuangan.

“Untuk berhasil, kita harus punya imajinasi, inovasi, visi dan misi serta cita-cita dan harapan. Apabila kita tidak memiliki ini semua, maka akan biasa-biasa saja,” ucapnya.

Hadir dalam launching dan bedah buku “Loper Koran Jadi Jenderal” ini, Jenderal TNI Purn A.M. Hendropriyono, Letjen TNI Purn J. Suryo Prabowo, Pejabat Utama TNI AD, penulis buku Imelda Bachtiar, pembedah buku Selamat Ginting, pihak penerbit buku Kompas dan para tamu undangan lainnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.