SidrapKapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah mengatakan, peranan jurnalis dan media sangat penting dalam masyarakat

Hal itu diutarakan Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah SIK di ruang kerjanya, Selasa, 31 Januri 2023.

Menurutnya, jurnalis tidak sekadar bertugas menyampaikan berita dan informasi yang akurat dan obyektif kepada masyarakat

Tetapi, kata dia, jurnalis juga memberikan perspektif yang berbeda, mengawasi pemerintah dan mempromosikan transparansi, serta membantu menjaga demokrasi.

Dikatakannya, jurnalis dan media juga memainkan peran dalam membentuk opini publik dan mempengaruhi pandangan masyarakat tentang berbagai isu penting.

Jurnalis memainkan peran dalam menyediakan wawasan dan pengetahuan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang informasi dan bijaksana.

Juga, jurnalis memainkan peran penting dalam melaporkan kebijakan dan tindakan yang merugikan masyarakat dan mempromosikan hak asasi manusia dan keadilan sosial.

Oleh karena itu, kata Erwin Syah, kebebasan pers dan independensi media sangat penting untuk memastikan bahwa jurnalis dan media dapat melakukan tugas mereka dengan efektif.

Bersinergi

Sebagai Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah SIK selama ini mengaku menjalin sinergitas dengan media dan jurnalis

Sinergi itu penting, guna memastikan bahwa informasi yang diterima oleh masyarakat akurat dan dapat dipercaya.

Diakuinya, hubungan baik yang ia bina dengan insan pers (jurnalis) dan media selama ini, sangat membantu keberhasilan program-programnya, termasuk kelancaran tugas-tugasnya selaku pimpinan.

Karena itu, sambungnya, Polri, khususnya Polres Sidrap selama ini senantisa memastikan hubungan yan harmonis dengan jurnalis dn media

Menurutnya, dengan sinergitas itu, membantu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Polri, yang sangat penting dalam merebut kepercayaan masyarakat.

Dikatakannya lagi, sejak bertugas sebagai Kapolres di Sidrap, dirinya selama ini banyak terbantu oleh kerja-kerja jurnalis dan media, terutama dalam mengatasi masalah dan isu-isu yang muncul dalam masyarakat.

Polri, utamanya Polres Sidrap, kata Erwin Syah, dapat bekerja sama dengan media dan jurnalis untuk mempromosikan kesadaran dan pendidikan masyarakat tentang masalah keamanan dan kriminalitas

Termasuk, membantu mengatasi masalah dan isu tersebut. Media dan jurnalis juga dapat membantu Polri dalam melaporkan kegiatan dan tindakan mereka, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat dan up-to-date tentang keamanan dan kriminalitas.

Namun, papar Erwin Syah, kerja sama ini harus didasarkan pada prinsip-prinsip kebebasan pers dan independensi media, sehingga media dan jurnalis dapat bekerja tanpa tekanan dan pengaruh dari pemerintah atau Polri.

Kerja sama ini harus didasarkan pada kesamaan tujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat, dan untuk memastikan bahwa informasi yang diterima oleh masyarakat akurat dan bermanfaat.

Lain dari itu, kata Erwin Syah yang ditemui usai salat duhur, sinergitas yang selama ini terjalin dengan baik, melahirkan saling percaya dan saling menghormati antara Polri, media, dan jurnalis.

Polri, kata Erwin Syah, harus memahami pentingnya media dan jurnalis dalam memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada masyarakat akurat dan obyektif

Selanjutnya, Polri juga harus memastikan bahwa media dan jurnalis dapat bekerja dengan aman dan bebas dari ancaman atau intimidasi

Termasuk memastikan bahwa hak-hak mereka sebagai pekerja media dilindungi oleh negara sebagaimana termaktub di dalam Undang-undang (UU) Pers (*)