Ketua Baznas Enrekang Lantik 70 Unit Pengurus Zakat

  • Bagikan

ENREKANG — Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Enrekang, Junwar yang didampingi seluruh para pimpinan BAZNAS Kabupaten Enrekang antara lain Baharuddin, Kadir Lesang, Kamaruddin, Ilham Kadir melantik atau mengambil sumpah sebanyak 70 pengurus Unit Pengurus Zakat (UPZ) periode 2021-2026 se Kabupaten Enrekang di Villa Bambapuang, Kamis, 7 Oktober 2021 pada pukul 17.00 WITA sore.

Pengurus UPZ yang berjumlah 70 orang yang antara lain Kecamatan Maiwa, Baraka, Curio, Anggeraja, Enrekang masing-masing 7 orang dan Kecamatan Bungin, Buntu Batu, Alla, Baroko, Masalle, Cendana masing-masing 5 orang.

Adapun nama-nama pengurus UPZ yang dilantik antara lain :

  1. Kecamatan Bungin : Sari, Rahman, Suriani, Akbar, Nuhar.
  2. Kecamatan Maiwa : Hamdan Natsir, Muhammad Ilyas, Muh. Agusmawan, Sukmawati, Rahmaniyanti, Imran Hante, Hamka Arifin.
  3. Kecamatan Cendana : Fathullah, Abdul Azis, Saleha, Rusni Malik, Bahrum Baddu
  4. Kecamatan Enrekang : Saddam Ramli, Abbas, Siman, Ainuddin, Yahya H. Ahmad, Nur Syamsi El Zakaria Sima, Nurhidaya
  5. Kecamatan Anggeraja : Bahrun, Harliny Guli, Ridwan, Nur Inayah Tadjrim, Muhammad, Tajuddin Lampe, Irnawaty
  6. Kecamatan Massalle : Rahmat, Kamaruddin, Farida, Mursidin, Mustakim
  7. Kecamatan Baroko : Irwamati Burahima, Hasan Sanda, Marwan Khalid, Jabar, Syamsuddin
  8. Kecamatan Alla : Habibi Rahman, Patmawati, Akhmad, Dasmiati, Arsil Majid Sangga
  9. Kecamatan Curio : Faisal, Jamaluddin, Munawir Rahman, Saparuddin, Azis Sawati, Suleman, Hermin
  10. Kecamatan Malua : Sukur, Hairul, Nurdin Kasim, Yahya, Muh. Amin Yahya
  11. Kecamatan Buntu Batu : Irpan Sira, Juliadi, Ilham, Rahmat D, Baharuddin Cidori
  12. Kecamatan Baraka : Muslina, Nur Chaerah Djamil, Hadirman, Zainuddin, Safril, Rudi Hartono, Rudi Hartono (dua orang bernama Rudi Hartono)

Pada pelantikan yang bertema bersama UPZ kreatif, amanah, dan bersinergi, menjadikan BAZNAS sebagai pilihan pertama pembayaran zakat menuju Enrekang Maju, Aman, Sejahtera dan Religius yang dihadiri langsung oleh para Camat yang juga selaku pembina UPZ, Junwar meminta agar para pengurus UPZ agar bekerja dengan jujur, adil dan cepat.

Dokter hewan pertama di Enrekang itu juga mengingatkan bahwa menjadi pengurus UPZ atau amil merupakan tugas yang mulia serta memiliki tanggung jawab yang besar diantaranya tanggung jawab bangsa dan negara, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan yang paling penting dan utama adalah tanggung jawab untuk kesejahteraan masyarakat atau ummat.

“Ini adalah pekerjaan yang mulia, ini perintah Allah. Ini juga tanggung negera dan bangsa, tanggung jawab menjaga NKRI dan tanggung jawab untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Pelantikan tersebut sepaya upaya dalam memajukan Enrekang dan mensejahterakan masyarakat dengan menerapkan sistem ekonomi islam sesuai syariat.

Untuk itu, Junwar menginginkan agar para UPZ dalam mengemban tugas dan amanah lebih mengedepakan edukasi untuk kesadaran, kesadaran masyarakat agar taat berzakat, berinfaq dan bersedekah (ZIS) apalagi ZIS tersebut pada hakikatnya akan kembali kepada para muzakki itu sendiri.

“Tugas kita adalah mengajak, mengajak mereka (masyakat/muzakki) untuk melakukan kebaikan,” tuturnya lagi.

Dirinya berkeyakinan bahwa ekonomi masyarakat Kabupaten Enrekang kedepan akan maju melalui pengelolaan ZIS, apalagi para pengurus yang akan bekerja dianggap sangat kompeten karna telah melalui seleksi pengurus yang ketat beberapa waktu.
Hal ini dilakukan guna untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan pengelolaan ZIS di bumi Massenrempulu. (Ombass)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *