Pelatihan Pertanian Terpadu, Wujud Kontribusi Muhammadiyah Sidrap Sokong Program Pemerintah Daerah

  • Bagikan

SIDRAP — Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sidrap melalui Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Pertanian Terpadu (integrated farming), di Celli”e, Desa Carawali, Kecamatan Watang Pulu, dimulai Minggu, 3-5 Oktober 2021.

Kegiatan integrated farming yang dibuka oleh Ketua MPM Pengurus Pusat Muhammadiyah, Dr. Muhammad Nurul Yamin tersebut, menandai dukungan Muhammadiyah Sidrap dalam menyukseskan program-program pemerintah, khususnya di sektor pertanian dan perikanan

Hal tersebut, disampaikan Ketua MPM PD Muhammadiyah Sidrap, Abdul Rahman Menda di sela-sela pembukaan pelatihan pertanian terpadu itu

Disampaikan, kegiatan pelatihan itu diikuti oleh perwakilan pengurus cabang kecamatan, dengan menghadirkan instruktur akademisi dari Yogyakarta.

Selain acara pembukaan pelatihan pertanian terpadu, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan peresmian Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) dan panen perdana perikanan binaan MPM PD Muhammadiyah Sidrap.

Sementara itu, Ketua MPM PP Muhammadiyah, Muhammad Nurul Yamin mengapresiasi kegiatan pendampingan petani tersebut. Ia juga memuji inisiatif pemberdayaan yang dilakukan.

“Seni dari pemberdayaan adalah orang mau lihat dulu, ada bukti baru ikut. Makanya para pelopor harus diapresiasi, tidak orang yang memulai, tapi ketika ini berhasil, orang akan datang belajar ke Sidrap,” urainya.

Sementara Kepala Desa Carawali, Abdul Hafid Mekka menyambut baik pelatihan yang dilaksanakan di wilayahnya. Ia pun siap menjadi percontohan, berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal pertanian dan perikanan.

“Terima kasih kepada pengurus MPM Muhammadiyah atas pemberdayaan serta pembinaan yang dilakukan,” ujarnya saat ditemui seusai pembukaan.

Ia juga menyatakan, akan mendukung pemerintah dalam mendorong masyatakat menggunakan pupuk ramah lingkungan.

“Kami mengembangkan pupuk organik, atau pupuk kocor dari kotoran kewan. Ini dapat mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia,” sebutnya.

Pembukaan pelatihan dihadiri Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sidrap, Madaling, serta Wakil Rektor Institut Teknologi Kesehatan dan Sains (Itkes) Muhammadiyah Sidrap.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *