Pemkab Apreasiasi Aplikasi Youth Agropreneur Ala KNPI Sidrap

  • Bagikan

SIDRAP– Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Sidenreng Rappang melaksanakan Launching Aplikasi Youth Agropreneur dan Pelatihan Pakan Ikan Alternatif, Kamis (28/10/2021) di Aula Kampus STIE Ichsan, Pangkajene.

Kegiatan dalam rangka semarak Hari Sumpah Pemuda ke-93, ditandai pemukulan gong oleh Staf Ahli Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Nurkanaah, mewakili Bupati Sidenreng Rappang.

Kegiatan dihadiri Kabid Kepemudaan Disporapar Sidrap, Rustan La Untu, Kabid Tanaman Pangan, DTPHPKP, Arif Gunawan Sukardin, perwakilan Kodim 1420 Sidrap dan Polres Sidrap
dan OKP.

Dalam sambutannya, Nurkanaah mengungkap, Pemerintah Kabupaten Sidrap sangat mengapresiasi langkah DPD KNPI Sidrap dalam meluncurkan aplikasi Youth Agropreneur dan pelatihan pakan ikan alternatif.

BACA JUGA:  Bupati Sidrap Ingatkan Panitia Pilkades Serentak Tegakkan Prokes Covid-19

Ia yakin aplikasi Youth Agropreneur yang diluncurkan DPD KNPI Sidrap bertujuan menyasar para pemuda untuk menjadi agropreneur karena yang bisa berperan dalam agropreneur adalah anak-anak muda kaum milenial.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sidrap mendukung penuh program-program penumbuhan petani milenial agar tercipta petani-petani muda andal yang menjadi agropreneur di Kabupaten Sidrap,” katanya.

Pada saat ini, lanjutnya, harus dilakukan transformasi pertanian. Dari yang semula hanya kebiasaan tanam, petik, lalu jual, kini harus dialihkan ke agrobisnis yang bisa menghasilkan lebih banyak duit.

“Berdasarkan data Kementerian Pertanian tahun 2021, saat ini lebih dari 70 persen petani di Indonesia berusia 45 tahun atau lebih. Sepuluh tahun mendatang kondisi itu bisa menjadi masalah jika tidak ada regenerasi petani sehingga keberadaan petani milenial mutlak diperlukan mulai sekarang,” tuturnya.

BACA JUGA:  Gandeng BJK VI Makassar, Pemkab Sidrap Optimis Telorkan Tenaga Kerja Konstruksi Terlatih

Lebih jauh Nurkanaah mengatakan momentum Sumpah Pemuda memberi semangat dan motivasi bagi pemuda dalam memperjuangkan eksistensinya sekaligus memiliki peran penting dalam mengaktualisasikan nilai-nilai dalam perjalanan sejarah sumpah pemuda.

“KNPI sebagai wadah kepemudaan telah menjadi garda terdepan dalam melakukan sejumlah aksi guna memberikan motivasi pemuda, khususnya di Kabupaten Sidrap,” imbuhnya.

“Harapan terbesar kami adalah agar DPD KNPI Sidrap senantiasa membantu program pemerintah daerah, khususnya dalam memfasilitasi terciptanya kemajuan bagi pemuda dan masyarakat Sidrap secara umum,” papar Nurkanaah.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Sidrap, Fadly Odding mengungkapkan aplikasi itu sebagai langkah awal merangsang kreatifitas dan inovasi pemuda dalam menangkap peluang di era digitalisasi.

BACA JUGA:  Digelar di Kampus Unhas, Deklarasi BP2KTI Dihadiri Bupati Sidrap

“Ini sekaligus memberi sarana edukasi dan memberi kemudahan dalam melakukan promosi hasil pertanian, peternakan dan perikanan,” tuturnya.

“Semoga pada momentum Hari Sumpah Pemuda ini Kita senantiasa memberikan sumbangsi pemikiran yang konstruktif dalam pembangunan di Kabupaten Sidenreng Rappang,” tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *