Pemkab Sidrap Adakan Tabligh Akbar Peringati HUT Kemerdekaan ke-77 RI

Silakan Share

Katasulsel.com,Sidrap — Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tingkat Kabupaten Sidrap diisi tabligh akbar di Masjid Agung Sidrap, Rabu (17/8/2022).

Tabligh akbar menghadirkan Ustaz Dzulqarnain M. Sunusi, Pengasuh Ma’had As Sunnah Makassar, dihadiri unsur Forkopimda Sidrap.

Kegiatan yang dimulai usai salat Magrib ini mengangkat tema “Hakikat Kemerdekaan Seorang Hamba”.

Bupati Sidrap diwakili Kadis Kominfo, H. Bachtiar saat membuka tabligh akbar menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan itu.

“Terima kasih atas kehadiran Ustaz Zulkarnain, para jemaah serta para sponsor kegiatan ini. Terima kasih keluarga besar SD dan SMP Madrasah Ar Rahma,” lontarnya.

Bachtiar yang juga Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Agung Sidrap itu menyebut, tema tabligh akbar sangat relevan dengan momentum Hari Kemerdekaan.

BACA JUGA:  Dispopar Enrekang Fokus Bina Atlit Muda, Siapkan Sarpras Olahraga di Setiap Kecamatan

“Ini sangat sesuai dengan Hari Kemerdekaan yang diperingati hari ini, semoga pembahasan nanti memberi pemahaman akan substansi kemerdekaan,” terang Bachtiar.

Bachtiar selanjutnya berharap melalui kegiatan itu ukhuwah islamiyah serta persatuan antar jumat dapat meningkat.

“Diharapkan pula kita semua istiqamah mengaktualisasikan apa yang disampaikan ustaz nanti,” tandas Bachtiar.

Dzulqarnain M. Sunusi dalam materinya menjelaskan, kemerdekaan Republik Indonesia adalah hal besar dan harus dimaknai dengan benar.

“Kemerdekaan harus dimaknai sebagai nikmat Allah yang harus disyukuri. Dengan bersyukur akan mendatangkan ketulusan dan menegakkan hakikat diri sebagai hamba,” papar Dzulkarnain.

Ia melanjutkan, siapa yang menjadi hamba Allah maka ia adalah orang merdeka karena bukan budak setan.

BACA JUGA:  BIAN Sidrap Terbaik Kedua di Sulsel

“Hamba Allah itu merdeka karena tidak terikat dengan hawa nafsunya. Ia juga merdeka dari penjajahan manusia terhadap dirinya,” terangnya.

“Karena itu, mensyukuri nikmat kemerdekaan merupakan azas dari kemerdekaan. Dengan mensyukuri, nikmat itu akan langgeng,” kata Dzulkarnain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.