Katasulsel.com Mengucapkan Selamat Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, Semoga Polri Lebih Profesional dan Dicintai Masyarakat
Opini  

Pentingnya Kesehatan Mental Terhadap Perkembangan Peserta Didik

Silakan Share

Ditulis Oleh: Rahmawati / M. Farid Imawan I Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

Semakin meningkatnya perkembangan zaman, semakin kita dituntut untuk menjadi manusia
yang berkualitas baik dari segi fisik, akal, keterampilan maupun mental. Bahkan tidak sedikit
bagi para peserta didik yang mengikuti berbagai macam kursus agar dapat memenuhi tuntutan dan kualitas masyarakat disekitarnya. Layaknya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan agar kita dapat mudah mengontrol suasana hati, kemampuan berpikir serta menjaga pertumbuhan hormon dengan baik.

Bagi sebagian besar pelajar di Indonesia, memerhatikan kesehatan mental sendiri menjadi nomor kesekian dalam tujuan hidupnya terutama pada para kalangan remaja yang masih rentan terhadap emosi yang tidak stabil dan belum memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang mereka alami. Sayangnya para orang tua dan keluarga di sekitarnya tidak peka dalam mengatasi hal ini, alhasil para pelajar tersebut dapat mudah mengalami stress, salah memilih pergaulan serta tidak dapat mengendalikan emosi yang dapat mengarah pada perlaku buruk.

Kesehatan mental dan fisik sangat berkaitan, menjaga kesehatan mental dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita. Sebaliknya, jika kita tidak dapat menjaga kesehatan mental dengan baik maka akan berdampak buruk pada kesehatan mental maupun fisik. Kesehatan fisik yang memburuk juga dapat memengaruhi kesehatan mental seperti seseorang yang menderita penyakit kronis dapat mengalami stress yang parah dan berkepanjangan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental dan fisik sangat penting dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit yang tentu akan menggangu aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa cara agar menjaga kesehatan mental dengan baik dan sehat :

 Tidak memendam masalah sendiri

Banyak orang yang salah mengartikan sebuah masalah, menurut mereka dengan memendam sebuah masalah dapat tidak mengusik atau menambah beban orang lain serta dapat melatih diri sendiri agar lebih mandiri dalam mengatasi masalah yang ada. Padahal disisi lain memendam sebuah masalah atau bahkan semua masalah yang ada dapat memicu stress, emosi yang tidak stabil, serta tidak fokus dalam melakukan pekerjaan secara produktif, oleh karena itu alangkah baiknya kita untuk lebih terbuka atau curhat dengan orang sekitar yang dapat dipercaya agar kita merasa didukung, dan tidak sendiri serta bertukar pendapat dengan orang lain memungkinkan kita untuk dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat.

 Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur, makan makanan yang bergizi dan tidur yang cukup bukan rahasia yang umum untuk dapat memiliki tubuh yang sehat. Tidur yang cukup dapat membantu kita mengelola emosi dengan stabil, mencegah depresi dan gangguan kecemasan, berolahraga dapat meningkatkan suasana hati, serta makan sehat dapat menjaga fungsi otak dan organ lainnya di tubuh yang baik untuk
mental.

 Me time

Sibuk dengan dunia luar dan pekerjaan dapat mengganggu kesehatan mental, karena itu tubuh juga perlu waktu sendiri untuk mengisi ulang daya energi yang ada dengan melakukan hal-hal atau aktivitas yang disukai dan positif.

 Tidak sungkan meminta bantuan

Manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, bahkan manusia paling mandiri dan kuat pun pasti membutuhkan bantuan orang lain jika sedang sakit atau kesulitan. Oleh karena itu jangan sungkan untuk meminta bantuan dan menolong orang lain agar dapat membuat hidup anda lebih mudah dan bermakna.

 Bersyukur dan berpikiran positif

Berpikiran positif dan mensyukuri segala hal yang dimiliki merupakan cara sederhana dalam menikmati hidup. Berpikiran positif juga membantu anda agar menjaga kesehatan mental dengan baik karena memikirkan hal yang negatif dapat membuat pribadi seseorang menjadi pribadi yang overthingking serta dapat mengalami gangguan kecemasan yang berdampak buruk pada kesehatan mental.

Menjadi manusia yang sehat secara jasmani dan rohani tidaklah mudah namun, kita dapat merawat dan menjaga kesehatan dengan mandiri dan menerapkan pola hidup diatas secara benar agar hidup kita lebih bermakna bersama orang-orang yang disayangi. Jika anda merasakan gangguan mental yang tidak kunjung reda dan berkepanjangan seperti putus asa, perubahan emosi yang parah dan kecenderungan menyakiti diri sendiri maupun orang lain, sebaiknya segera berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog karena para ahli tersebut dapat membantu dalam mengatasi mental yang di alami agar dapat normal kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.