Katasulsel.com Mengucapkan Selamat Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, Semoga Polri Lebih Profesional dan Dicintai Masyarakat
Opini  

Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Silakan Share

Ditulis Oleh: Amanda / Hijrah I Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

SEBAGAI orang tua, kita harus memiliki cara mendidik anak yang baik dan benar agar anak kita dapat membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan diterima oleh lingkungan sekitar. Oleh karena itu sebagai orang tua tentunya kita harus dibimbing, dibimbing dengan penuh pertimbangan, memiliki akhlak yang  mulia agar kelak kita bisa tumbuh menjadi dewasa dan menjadi anak-anak yang berbudi pekerti yang baik. Pada usia 0 tahun, anak mengalami krisis perkembangan otak. Pada tahap ini, anak mengalami pengkondisian di mana perkembangan otaknya pesat dan pesat. Jadi, saat ini, otak anak bahkan mampu menyerap pengalaman baru lebih cepat daripada anak  berusia 3 tahun. Maka dari itu mari kita hargai pentingnya peran orang tua dalam membina tumbuh kembang anak saat ini.

Selanjutnya melangkah pada pendidikan mempengaruh dan kontribusi yang sangat besar perkembangan diri anak. Pendidikan dalam hal ini dipahami sebagai suatu tindakan yang dilakukan sengaja oleh seorang pendidik atau pengasuh anak guna mencapai kondisi lebih baik bagi anak. Orang tua (ayah atau ibu) dalam konteks keluarga yang paling ideal merupakan sosok yang paling dekat dengan anak. Kita sebagai orang tua berkewajiban untuk memperhatikan anak serta dia mendidiknya. Orang tua merupakan lembaga pendidikan yang mewakili anak dengan berbagai sosial dan moral. Dalam mendidik anak agar dapat mencapai tujuan yang di harapkan yaitu mengantarkan anak pada tahap perkembangan sesuai perkembangannya secara utuh dan optimal. Namun, hal tersebut banyak dipengaruhi oleh berbagai hal. Berikut tips untuk orang tua dalam mendidik anak

1.Jadilah role model yang baik dan bisa menjadi inspirasi anak
Jadi orang tua yang bahagia akan memiliki anak-anak yang bahagia pula. Sehingga, anak kita akan terpacu dalam memilih hubungan yang baik dengan orang-orang dan lingkungan sekitar. Jadi keluarga yang bahagia juga akan merayakan banyak hal besar dan kecil bersama-sama seperti hari pertama ke sekolah, promosi kerja, dan liburan. Perayaan ini dapat di lakukan secara sederhana, seperti kita ajak anak kita pergi ke taman bersama atau mengajak anak mengadakan surprise party. Jadi  keluarga bahagia akan memacu anak-anak menjadi lebih bahagia dan mencari cara mendidik anak dengan baik.

2.Jangan terlalu berlebih dalam memuji anak
Menghindari untuk memuji hasil yang di capai anak secara berkelebihan seperti “ kamu adalah penyanyi yang sangat berbakat”. Akan lebih baik jika kita menilai proses kerja anak, seperti kita memujinya saat mereka tekun belajar atau memuji saat mereka telah berlatih keras atau berhasil menyampaikan masalah yang sulit. Jadi pada kondisi ini akan membuat anak menghargai usaha, bukan hanya sekedar menengok hasil akhir.

3.Pertahankan komunikasi yang baik dan benar
Komunikasi yang baik merupakan salah satu hal yang penting dan menjadi salah satu cara mendidik anak yang baik dan benar. Salah satu tips parenting  anak yang baik adalah mendengarkan dan memberikan perhatian lebih ketika mereka sedang mengutarakan dalam berbicara. Dengan memberikan respon positif terhadap anak, tentunya ketika kita merespons anak yang positif membuat anak menjadi lebih komunikatif.

4.Bekali anak dengan kemampuan yang akan ia butuhkan di kehidupan harinya
Jadi jangan lupa untuk melatih kemampuan anak kita dengan usaha sendirinya. Membangun kemampuan anak  dalam bertanggung jawab. Dalam keseharian anak, berikanlah dukungan anak secara totalitas, bagi dari psikologisnya anak, finansial, emosional, intelektual maupun sosial pada anak.

5.Tanamkan di benaknya untuk tidak merasa minder terhadap kegagalan
Anak harus selalu mampu terbuka terhadap kegagalan, mau belajar serta bertahan dalam berbagai rintangan yang ada di depannya. Agar dapat mengembangkan ketahanan anak, orang tua dapat memulai kepercayaan anak untuk menyelesaikan beberapa masalah sendiri, serta berani mengambil resiko untuk selalu mendikte anak secara terus menurus.

6.Menjadi pendengar yang baik
Ada banyak hal yang mungkin ingin disampaikannya untuk sekadar bertanya atau mengutarakan berbagai kegelisahan dan pertanyaan yang muncul dalam pikirannya. Untuk itu, orang tua harus menjadi pendengar yang baik. Jangan biarkan anak  mencari penyebab negatif lainnya, seperti kenakalan remaja, hanya karena merasa tidak didengar dan tidak punya teman untuk diajak bicara. Juga, hindari menyalahkan anak atas apa yang dia katakan. Pasalnya, hal itu bisa membuat anak takut bercerita.

Jadi itulah tips dalam mendidik anak yang baik dan berusaha fokus terhadap impian yang ingin di capai. Intelegensi atau kemampuan kognitif lebih diperlukan ketimbang faktor di luar diri anak sendiri.

Jadi peran orang tua terhadap anaknya memang sangat penting, dengan perhatian dan support yang akan membuat anak semangat, apalagi di mana pandemi seperti sekarang yang pembelajarannya dilakukan di jarak jauh, pasti akan membutuhkan orang tua  dalam membimbing belajar anak, terutama anak SD yang benar-benar harus terus dibimbing. Jadi yang harus dilakukan orang tua yaitu membangun komunikasi Yang baik dengan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.