Katasulsel.com Mengucapkan Selamat Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, Semoga Polri Lebih Profesional dan Dicintai Masyarakat
Opini  

Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Anak di Era Digital

Silakan Share

Ditulis Oleh: Santi dan Rosnina, Mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa dunia sekarang ini telah memasuki era digital. Era digital merupakan era di mana seluruh aktivitas atau kegiatan manusia dilakukan menggunakan kecanggihan teknologi. Di era ini, manusia dituntut harus pandai dalam menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari agar tidak ketinggalan berbagai informasi penting dan lainnya.

Perkembangan teknologi di era digital ini, telah mempengaruhi berbagai aktivitas manusia, khususnya dalam bidang pendidikan. Terdapat banyak dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh kecanggihan teknologi tersebut. Salah satu dampak positifnya dalam bidang pendidikan tentunya memberikan kemudahan bagi guru maupun peserta didik untuk mengakses berbagai macam informasi terkait bidang pendidikan. Adapun dampak negatifnya ialah kecanduan menggunakan teknologi seperti gadget, bisa mempengaruhi menurunnya kualitas belajar siswa karena banyaknya fitur menarik yang disediakan di internet, seperti: video game, Tik tok, dan lain-lain membuat siswa semakin malas untuk belajar karena keasikan dalam mengaksesnya.

Mengingat, bahwa saat ini Perkembangan teknologi semakin pesat yang tentunya banyak menyediakan fitur-fitur menarik dan mudah diakses oleh generasi digital, khususnya anak-anak menjadi tantangan terbesar bagi orangtua dalam menunjang perkembangannya.

Dalam perkembangannya, peran orang tua sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang seorang anak. Mengapa demikian? Karena keluarga/orang tua merupakan madrasah pertama bagi seorang anak. Orang tua harus lebih bijak dalam memberikan kebebasan pada anak untuk mengakses berbagai informasi di internet dan berselancar di dunia maya. Mengingat, bahwa kegiatan pendidikan/pembelajaran saat ini telah banyak menggunakan teknologi, maka dari itu orang tua harus tetap memperhatikan dan mengawasi anak-anaknya ketika sedang mengakses internet.

Perlu diketahui bersama, bahwa setiap orang tua memiliki cara yang berbeda-beda dalam mendidik anaknya, terutama di era digital sekarang ini. Namun, cara mendidik yang paling baik untuk anak adalah dengan memberikan pendidikan agama. Mengingat, bahwa perkembangan teknologi saat ini membuat anak-anak lebih asik dengan gadgetnya seperti: bermain game, nonton Tik tok, nonton YouTube, dan lainnya sehingga membuat mereka malas dalam beribadah.

Ada beberapa peran orang tua yang bisa diterapkan terhadap perkembangan seorang anak khususnya di era digital saat ini agar tumbuh kembang seorang anak tidak sia-sia.

  1. Pendidikan aqidah
    Pendidikan aqidah merupakan suatu pendidikan yang wajib dan harus ditanamkan dalam diri seorang anak karena pendidikan ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada anak agar mampu untuk meyakini bahwa Allah lah satu-satunya Tuhan pencipta alam yang berhak disembah dan mampu untuk menampilkan tingkah laku yang berakhlak mulia.
  2. Pendidikan ibadah
    Pendidikan ibadah ini juga sangat penting dalam perkembangan seorang anak. Hal ini dikarenakan membantu anak dalam belajar agama, seperti belajar salat, membaca Alquran, dan lainnya yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi perkembangannya ke depan.
  3. Pendidikan akhlakul karimah
    Pendidikan akhlakul karimah merupakan pendidikan yang berkaitan dengan akhlak yang baik dan terpuji. Tujuan diberikannya pendidikan ini agar bisa membentuk kepribadian yang positif bagi anak dengan berpegang teguh pada Alquran dan Al hadits serta memberikan contoh yang baik seperti bersikap adil, jujur, bijaksana dan lain-lain.

Dari ketiga pendidikan yang telah dibahas di atas, sangat jelas bahwa peran orang tua dalam perkembangan anak khususnya di era digital saat ini sangat dibutuhkan karena peran orang tua inilah yang akan menentukan nasib/perkembangan anak kedepannya. Teknologi bisa membantu manusia dalam meringankan pekerjaannya, tetapi jika disandingkan dengan pendidikan agama hal itu justru sangat bagus dan bisa menghasilkan dampak yang positif bagi kehidupan manusia khususnya anak-anak ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.