Katasulsel.com, SIDRAP – Polisi sahabat anak, Untuk menumbuhkan budaya lalu lintas di usia dini, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah. S.I.K membuat salah satu program penguatan dalam Kamseltibcar Lantas yang juga di sebut polisi sahabat anak.

“Dengan adanya program polisi sahabat anak dapat memberikan edukasi kepada anak di usia dini. Ini sebagai bentuk memberikan pembelajaran tentang budaya tertib berlalu lintas, “kata Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah. S.I.K melalui Kasat Lantas AKP Mahrus Ibrahim. S.Sos, Jumat (25/11/22).

Ia menjelaskan, kegiatan polisi sahabat anak dilakukan di TK Kemala Bhayangkari Cabang Sidrap di pimpin oleh Kasat Lantas AKP Mahrus Ibrahim. S.Sos di dampingi Kanit Kamsel AIPTU Suryadi, BRIPKA Eva Juniarti, BRIGPOL Elyanawati, serta guru pendamping di TK Kemala Bhayangkari tersebut.

“Kita berikan sosialisasi tertib berlalu lintas. Dalam kegiatan ini anggota memperkenalkan kepada anak- anak tentang pentingnya tertib berlalu lintas, serta mengajak anak usia dini untuk selalu menggunakan helm pada saat berkendaraan menggunakan sepeda motor bersama orang tua, “jelasnya.

Selanjutnya dilakukan pengenalan zebra cross dan kegunaannya. Selain itu pengenalan rambu lalu lintas dan jenis – jenis rambu lalu lintas, sambil mengajak anak – anak untuk selalu menerapkan hidup bersih minimal rajin cuci tangan.

Dengan sosialisasi kepada anak usia dini, dapat mendorong mereka untuk semakin paham dan mengerti budaya berlalu lintas. Program ini digenjot, tidak hanya di TK, tetapi ditingkat sekolah kita galakan sehingga ke depan anak- anak jadi pelopor berlalu lintas, “ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya program tersebut dapat membangun karakter budaya disiplin berlalu lintas dimulai dari usia dini. Dimana kepolosan anak lebih mudah untuk dibentuk dan diajak untuk mengetahui pentingnya tertib lalu lintas.

“Pembentukan disiplin berlalu lintas sejak usia dini, diharapkan mampu menjadikan anak- anak menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, terutama dimulai dan penggunaan helm bagi anak, “tandasnya. (*)