Siap-siap Pelajar Untuk Naik Sepeda ke Sekolah, Kemenhub Sudah Menyurat ke Kepala Daerah

  • Bagikan

JAKARTA – Siap-siap. Ada kebijakan baru yang akan keluar diperuntukkan bagi kalangan pelajar di tanah air. Apa itu?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat meminta agar para pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan segera mengeluarkan surat edaran yang mendorong pelajar menggunakan sepeda ketimbang kendaraan bermotor.

Untuk itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengaku telah mengirimkan surat kepada sejumlah kepala daerah, seperti Gubernur, Bupati, Walikota, termasuk Menteri Pendidikan dan Menteri Agama agar dibuatkan surat edaran yang bisa menjadi referensi bagi sekolah untuk mendorong muridnya menggunakan sepeda.

“Selama ini, tak sedikit diantara anak-anak kita yang masih bersekolah cenderung menggunakan kendaraan roda dua ke sekolah, padahal mereka itu belum punya surat izin mengemudi (SIM),” kata Budi Setiyadi dalam Bincang-bincang Santai Koalisi Teman Sejati yang digelar virtual, Senin (20/9/2021).

Dengan adanya kebijakan atau edaran tersebut, Budi optimistis gaya hidup masyarakat saat ini yang menggunakan sepeda hanya untuk sekedar jalan-jalan dan berolahraga dapat berganti secara bertahap.

Pasalnya, dia menyebut bahwa saat ini 60 persen masyarakat menggunakan sepeda hanya untuk kepentingan lifestyle. Oleh karenanya, dia berupaya untuk mendorong penggunaan sepeda sebagai pengganti kendaraan bermotor dalam beraktifitas. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *