Opini  

Sistem Keuangan Pada Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta Dalam Perspektif Mahasiswa

Silakan Share

Ditulis Oleh : Ade Mulyani
Mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta

SISTEM keuangan sangat di butuhkan oleh perguruan tinggi. Dengan adanya sistem keuangan akan membantu proses pengelolaan keuangan yang merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi perguruan tinggi.

Jika pengelolaan keuangan hanya dikelola dengan excel maka menimbulkan kerawanan. Seperti adanya selisih antar data karena data yang tidak saling terintegrasi. Tentu hal ini sangat dihindari oleh setiap perguruan tinggi.

Berbagai macam teknologi hadir untuk memberikan kemudahan pelaporan dan pengelolaan keuangan kampus.

Seperti mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta sedikit banyaknya sudah menggunakan dan mengetahui bagaimana sistem informasi keuangan kampus tersebut.

BACA JUGA:  Dinamika dan Regulasi Perhimpunan Dana Zakat di Indonesia

Melalui eCampus mahasiswa UNUSIA (Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia) bukan saja bisa mengetahui informasi keuangan, tetapi mencakup segala hal didalamnya.

Sistem informasi eCampus UNUSIA memiliki tampilan yang sangat simple, sehingga memudahkan penggunanya untuk memahami.

Dalam fitur pembayaran mahasiswa sudah bisa mengetahui beban yang harus dibayarkan, bahkan penginputan pembayaran bisa dilakukan secara mandiri oleh masing-masih mahasiswa. Namun peran seorang akuntan dari pihak kampus tidak lepas begitu saja.
Karena, dalam pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa tetap divalidasi akuntan kampus.

Kemudahan dan efisiensi merupakan hal yang kita inginkan dalam berbagai hal, terutama segala urusan yang bersifat klerikal.

Kegiatan yang berulang-ulang atau bersiklus seperti kegiatan finansial dalam memenuhi tugasnya menyajikan laporan-laporan terkait, sudah sewajarnya berbasis komputer.

BACA JUGA:  Opini - Permasalahan Serta Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Dalam hal ini tugas manusia bukan lagi melakukan hal yang sama berulang kali melainkan menjadi kontrol dan mesinlah yang mengerjakan tugas tersebut.

Terutama di era 4.0 ini finance cloud (sistem keuangan) membantu perguruan tinggi dalam pencatatan transksi keluar dan masuk, mengatur anggaran, hingga menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh kampus.

Dan, salah satu nilai penting juga ialah terintegrasinya suatu pencatatan penerimaan pembayaran mahasiswa untuk pengguna eCampus.

Sistem keuangan yang terdapat di UNUSIA bukan hanya mempermudah mahasiswa nya, tetapi juga dapat memberikan informasi maupun data-data mengenai masalah keuangan, serta mengenai pemakaian yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.

Namun, mengenai tranparansinya tentu hanya untuk pihak-pihak yang berkepentingan didalamnya saja.

BACA JUGA:  Opini - Penyebab Fraud dan Cara Mengatasi Fraud dalam Intansi Pemerintah

Tepatnya kampus UNUSIA dalam menyajikan sistem keuangan tentu memberikan kenyamanan bagi mahasiswa dan sistem keuangan yang simple sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.