Soppeng Ikut Simulasi Mediasi Penyelesaian Sengketa Pemilu di Bone

Silakan Share

Katasulsel.com, Soppeng — Dua elemen penting Pemilu di Kabupaten Soppeng, yakni KPU dan Bawaslu mengikuti kegitan simulasi mediasi penyelsaian sengketa Pemilu yang dilaksanakan Bawaslu Sulsel.

Adapun acara ini, berlangsung di Hotel Novena Watampone, Kabupaten Bone, Sabtu, 13 Agustus 2022

Menurut Ketua Bawaslu Sulsel, H. L Arumahi, acara simulasi mediasi penyelesaian sengketa Pemilu itu, penting dilakukan agar pelaksana Pemilu, baik itu KPU maupun Bawaslu di daerah memiliki kesamaan persepsi dalam memandang mediasi penyelesaian sengketa Pemilu apabila itu nantinya ada yang terjadi.

Kegiatan itu, kata mantan wartawan senior di Makassar itu, sekaligus untuk mengecek kesiapan kesiapan Bawaslu Kabupaten/Kota di Sulsel dalam menghadapi berbagai tahapan, termasuk potensi terjadinya sengketa Pemilu.

BACA JUGA:  Jampidum Setujui Penghentian Penuntutan Perkara KDRT di Pinrang Sulawesi Selatan

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle yang turut hadir memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu. Menurutnya, itu sangat penting dilakukan untuk memberi pemahaman kepada pihak-pihak terkait untuk mengambil solusi penyelesaian sengketa kepemiluan

“Dulu itu, sengketa Pemilu dapat diselesaikan secara adat, tapi itu dulu. Sekarang sudah ada kerentuan dan mekanismenya yang sudah diatur,” kata Ambo Dalle

Apresiasi yang sama juga diutarakan Ketua Bawaslu Soppeng Winardi. Dia menyampaikan terima-kasih atas dilibatkannya Bawaslu dan juga KPU Soppeng di acara itu (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.