Katasulsel.com, MakassarKabupaten Sidrap, berada di peringkat pertama di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) capaian imunisasi tambahan Campak dan Rubella, pada pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahap 3 tahun 2022. Adapun capaiannya, 103,65 persen.

Hal tersebut diutarakan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Sidrap, Dr. Ns. H. Basra, S.Kep., M. Kes, di Pangkajene Sidrap, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Menurut Basra, capaian akhir tersebut, bukanlah perkara mudah diperoleh. Menurutnya, hasil tersebut pada akhirnya dapat dicapai berkat dukungan semua pihak, terutama support dari Bupati H Dollah Mando yang terus mendorong pencapaian tersebut terus ditingkatkan

“Alhamdulillah, setelah semuanya dioptimalkan berdasarkan saran dan arahan pak bupati, capaian BIAN kita di tahap 3 setelah diperpanjang oleh pemerintah provinsi, akhirnya sukses berada di posisi pertama,” kata Basra

Menurut Basra kepada katasulsel.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap bersama dengan TP PKK Sidrap, berkomitmen untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit Campak dan Rubella, melalui pelaksanaan imunisasi ini.

Karena itu, kata penjabat yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap tersebut, target dari pemerintah bukanlah hanya pada angka-angkanya, tapi agar tercipta kekebalan kelompok.

Sementara itu, Bupati Sidrap, Ir H Dollah Mando turut mengapresiasi pencapaian BIAN Sidrap 2022 tersebut.

Dollah Mando mengatakan, sedari awal dirinya yakin Sidrap mampu menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan BIN 2022 di Sulsel.

“Saya masih ingat, di awal-awal atau tahap satu, Sidrap hanya mampu bertengger di posisi 5 besar, llu di tahap kedua perpanjangan sudah merengsek masuk tiga besar dan ditahap ketiga, kita sudah mampu berada di peringkat paling tinggi dengan capaian akhir 103,65 persen, ini sangat membanggakan,” kata Dollah Mando

Di mata Dollah Mando, semua itu dapat dicapai apabila semua komponen ikut memikirkan dan turut bekerjasama menyukseskan pelaksanaannya.

“Itu pulalah yang mendasari mengapa saya akhirnya harus mengeluarkan surat edaran agar semua turut berpartisipasi membantu Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap untuk menggoalkan target tersebut,” ujarnya

Atas pencapaian tersebut, Dollah Mando atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu dalam menyukseskan pelaksanaan BIAN 2022. (*)