Katasulsel.com, Sidrap — Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Periode 2021-2026 mengukuhkan dua sayap organisasinya yakni Angkatan Muda Haji Indonesia (AMHI) dan Majelis Taklim Perempuan (MTP) kabupaten Sidrap, Selasa (23/11/2021).

Bertempat di Masjid Agung, Pangkajene, kecamatan Maritengngae, sebanyak 46 orang pengurus AMHI dan MTP resmi dikukuhkan dalam masa kepengurusan periode 2021-2026.

Hadir dalam pengukuhan, pengurus AMHI-MTP Kabupaten Sidrap, Pengurus Wilayah IPHI Sulsel Dr. H. Abubakar Wasahua, MH, dan Ketua AMHI Sulsel, H. Masykur Yusuf serta Ketua MTP Sulsel, Dra. Hj. Nurhayati Mahmud,SPd.

Hadir mewakili Bupati Sidrap, Kabag Kesra Setdakab Sidrap, Patriadi, Kadis Kominfo Sidrap H. Bachtiar dan Kakan Kemenag Sidrap, Dr. Muhammad Idris Usman, MA yang juga pengurus IPHI Sidrap.

Dalam arahanya, Bupati H. Dollah Mando melalui Kabag Kesra mengucapan selamat bertugas kepada para pengurus daerah IPHI dan MTP Kabupaten Sidrap Masa bakti 2021 – 2026.

Bupati juga mengatakan, masyarakat masih menganggap bahwa seorang haji adalah sosok teladan, khususnya dalam kehidupan beragama dan panutan bagi masyarakat sekitarnya dalam pengamalan ajaran agama islam.

Terkait hal itu, IPHI dan MTP harus lebih intensif membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sosial.

Bupati menambahkan, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan harus sesuai dengan protokol kesehatan dan dengan tetap mematuhi kebijakan pemerintah yang ada sehingga dapat mengurangi angka penyebaran Covid-19 di masa pandemi.

Sementara, Ketua PW IPHI Provinsi Sulsel Dr. H. Abubakar Wasahua, MH mengharapkan para pengurus yang baru dilantik dapat mengemban amanat dan misi dengan sebaik mungkin demi terwujudnya visi organisasi.

Kepada mereka yang baru dikukuhkan, Abubakar mengingatkan untuk segera menjalankan kewajibannya mengingat tantangan yang dihadapi oleh IPHI dan MTP masih banyak dan khususnya mensinergikan program-program pemerintah daerah.

Pembacaan ikrar Organisasi diucapkan langsung Ketua AMHI Sidrap periode 2021-2026 H. Bunyamin Yapid, Lc diikuti pengurus.

Dilanjutkan pengucapan sumpah ikrar pengurus MTP Sidrap yang dipimpin Ketua Hj. Syamsiah Mahmud.

Untuk prosesi pengambilan sumpah/pengukuhan pengurus AMHI Sidrap, itu dipimpin langsung Ketua IPHI Sidrap Drs. H. Abubakar Deni, MH.

H. Abubakar Deni mengatakan, pengurus yang dilantik diharapkan mampu mengembang amanat dan misi organisasi dengan sebaik mungkin demi terwujudnya visi organisasi.

Kepada mereka yang baru dikukuhkan, Ketua IPHI Sidrap juga mengingatkan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten segera menjalankan kewajibannya mengingat tantangan yang dihadapi oleh IPHI dan MTP demi mewujudkan Haji Mabrur hingga akhir hayat, baik masa sekarang hingga ke depannya.

”Pengurus Daerah IPHI dan MTP yang baru untuk segera merumuskan program kerja yang riil dan tidak hanya untuk kepentingan internal organisasi tapi program kerja yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,”ujar Abubakar Deni.

Ditempat yang sama, Ketua AMHI Sidrap masa periode 2021-2026 yang dilantik, H. Bunyamin Yapid, Lc menjelaskan keberadaan organisasi AMHI di Sidrap akan diemban dengan penuh tanggung jawab, serta mensinergikan program pemerintah daerah, maupun Kementerian Agama Kabupaten terutama urusan haji.

Dia menambahkan, AMHI sesunggunya adalah organisasi sayap IPHI yang hendaknya selalu berada di garda terdepan dalam melakukan gerakan sosialisasi program IPHI yang berorientasi terhadap terpelihanya haji mabrur sepanjang hayat.

Sekaitan dengan harapan dimaksud, kata CEO PT. Annur Ma’rif, maka langkah awal yang hendak dilakukan Pengurus adalah segerah melakukan program konsolidasi organisasi di tingkat Kabupaten maupun kecamatan.

Ada tiga hal utama menjadi prioritas dalam kepengurusan AMHI yakni pertama haruslah tampil maksimal.

Sebab, kata Bunyamin, AMHI Sidrap yang dihuni oleh para haji muda memiliki spirit perjuangan tanpa lelah mengantar programnya yang selalu bersentuhan dengan umat.

Kedua sumber daya manusia, AMHI harus memiliki integritas moral, punya kapabilitas yang unggul dan handal di era globalisasi yang serba kompetitif.

Ketiga AMHI akan mengagas program-program yang cerdas dan inovatif serta sesuai dengan kebutuhan umat.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com