banner 650x65

Katasulsel.com, Sidrap – Warga di Kampung Baru, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap berhasil mengamankan tiga terduga pelaku pencurian barang/bahan bangunan, sekira pukul 01.30 Wita, dini hari, Jumat, 21 Juli 2023

Kejadian ini telah menyulut kekuatiran di antara masyarakat setempat akibat serangkaian pencurian yang terjadi pada malam hari dalam beberapa hari terakhir.

Ketiga terduga pelaku pencurian yang diamankan oleh warga tersebut berinisial AD (30tahun), AL (30 tahun), dan SN (28 tahun), ketigannya diketahui warga Kabupaten Sidrap

Kronologis kejadian, dimulai ketika beberapa hari belakangan warga setempat telah mengalami pencurian barang/bahan bangunan di rumah-rumah mereka.

Merasa tidak aman, masyarakat sekitar di Tempat Kejadian Perkara (TKP) melakukan jaga-jaga malam dan memasang beberapa kamera sembunyi (CCTV) di area yang dianggap rawan aksi pencurian.

Benar saja, sekira Pukul 01.30 Wita, sebuah peristiwa mencurigakan terjadi di rumah yang sedang dibangun milik H. Mawi.

Warga yang melihat orang-orang mencurigakan masuk ke rumah tersebut, segera memberi tahu masyarakat sekitar bahwa ada pencurian yang terjadi. Tanpa ragu, sekitar 100 orang warga bersama-sama mengejar dan mencari para pelaku.

Tak lama mencarinya, ketiga terduga pelaku berhasil ditemukan dan nyaris mendapat penghukuman dari warga, Beruntung, dengan sigap ‘Pak Komandan’, masing-masing Serka Samsul Karya dan Serda Eman Rahman dari Jaga Pelanton Kodim 1420/Sidrap cepat turun tangan.

Anggota TNI ini mengingatkan warga untuk tidak main hakim sendiri dan menyerahkan kasus tersebut ditangani oleh pihak berwajib.

Untuk memastikan keselamatan ketiga terduga pelaku, anggota TNI dari Kodim 1420/Sidrap kemudian memasukkan para terduga pelaku ke dalam mobil untuk diserahkan ke pihak berwajib, dalam hal ini Polres Sidrap.

Sebelumnya, warga sempat menginterogasi ketiganya dan ketiganya terduga pelaku tersebut mengakui telah melakukan beberapa kali pencurian bahan bangunan di rumah milik H. Mawi dan menjualnya kepada salah seorang warga di Kelurahan Batu Lappa.

Kepada warga, terduga pelaku juga mengaku, mobil yang digunakannya melancarkan aksinya merupakan mobil sewa salah satu pengusaha rental mobil di Sidrap. (*)

banner 650x900