Katasulsel.com Sidrap – H. Mashur Bin Mohammad Alias, S.H., M.Si, Ketua Umum PB KEBUGIS (Keluarga Bugis Sidenreng Rappang), mengunjungi kampung halamannya di Kulo, Sidrap.

Kepulangan Mashur dari Jakarta bersilaturahmi dengan keluarga, sekaligus ia manfaatkan untuk berdiskusi dengan elemen masyarakat Sidrap bertempat di Lt 2, Cafe Hadide, Pangkajene, Selasa malam, 28 Agustus 2023

Mashur menyebut, diskusi bersama dengan sejumlah elemen membahas tentang masa depan Sidrap itu adalah sesuatu yang wajar dan perlu. Terlebih dirinya selaku Ketua PB Kebugis. Tujuannya, tidak lain membahas langkah-langkah menuju masa depan yang lebih cerah bagi daerah tersebut.

Saat berbicara, Mashur menjelaskan pentingnya peran serta semua pihak dalam upaya memajukan daerah. Salah satunya, mau dan berani menyampaikan setiap permasalahan yang mungkin ada terjadi di daerah.

“Jadi, diskusi ini bukan sekadar membicarakan mengenai siapa yang layak memimpin Sidrap ke depannya, tetapi fokus kita adalah, bagaimana kita secara bersama-sama dapat memberikan perhatian nyata yang mendorong kemajuan Sidrap,” kata Mashur.

Selain itu, Mashur yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Kayu Gaharu se Indonesia mengajak peserta diskusi untuk secara aktif mengemukakan aspirasi mereka. Selanjutnnya, Mashur berjanji akan membawa aspirasi tersebut ke forum Kebugis dan berusaha dicarikan solusi di tingkat pusat.

“Momentum saat ini adalah kesempatan bagi kita untuk membahas isu-isu penting, termasuk bagaimana mengamankan alokasi anggaran yang lebih substansial dari pemerintah pusat guna mendukung pembangunan di Sidrap. Kami juga perlu bersama-sama menghadapi permasalahan di masyarakat, termasuk narkoba dan penipuan online yang belakangan ini menodai nama baik Sidrap di mata luar,” akunya.

Pada bagian lain, H Zulkifli Zain., S.H., seorang tokoh masyarakat Sidrap asal Baranti, menilai positif langkah yang ditempuh Ketum PB Kebugis, H Mashur tersebut. Menurutnya, tindakan Mashur turun langsung mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat itu, adalah tindakan yang patut diacungi jempol.

“Saya secara pribadi memberikan apresiasi kepada H. Mashur atas perhatiannya terhadap masyarakat dan daerah. Sebab itu, memang harus dimulai dari diskusi untuk mendengarkan apa yang mesti disumbangkan untuk masyarakat dan daerah. Tindakan ini mencerminkan komitmen dan perhatian yang luar biasa terhadap pimpinan lembaga bernama Kebugis itu,” ujar Zulkifli kepada katasulsel.com.

Mantan Ketua DPRD Sidrap ini berharap bahwa diskusi-diskusi semacam itu, dapat terus dilakukan sehingga bisa menjadi dasar yang baik untuk meningkatkan kolaborasi antara berbagai elemen masyarakat dalam membentuk visi bersama untuk masa depan Sidrap yang lebih cerah. “Upaya ini harus diapresiasi terhadap siapapun yang punya kepedulian. Terlepas itu apakah ini sebuah manuver atau bukan jelang Pilkada, yang jelas saya melihat ini sebagai langkah yang bagus,” kata Zulkifli.

Dengan keterlibatan semua pihak, termasuk Kebugis, Zulkifli berharap nantinya dapat tercipta solusi-solusi yang mampu mendorong kemajuan daerah. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com