Jakarta — Arya Nugraha Sigfar, seorang pemuda berbakat asal Sidrap, Sulawesi Selatan, berhasil meraih prestasi gemilang di dunia bulutangkis nasional. Arya, yang merupakan anak dari pasangan Irwan Sairing Jafar, SH, dan Munasry, S.STp, M.AMK, berhasil menjuarai BNI Sirnas A DKI Jakarta 2023 kategori Tunggal Remaja Putra.

Arya Nugraha Sigfar memulai perjalanannya di dunia bulutangkis pada tahun 2017, saat ia berhasil lolos uji coba di Club Mutiara Cardinal Bandung pada usia 10 tahun. Saat itu, Arya masih duduk di kelas 5 SD 4 Arawa, Bojoe, Sidrap. Kemenangan ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri, khususnya untuk kakeknya, Almarhum Drs H Siring Jafar, yang belum sempat melihat cucunya meraih prestasi di level nasional.

Pada final BNI Sirnas A DKI Jakarta 2023, yang digelar di GOR UNJ Utama, Arya Nugraha Sigfar menghadapi tantangan berat dari I Made Sutha Adi Wiguna dari Indihome Gideon Badminton Academy. Meskipun mengalami kekalahan pada gim pertama dengan skor 11-21, Arya tidak menyerah dan mampu bangkit pada dua gim berikutnya.

Dengan dukungan instruksi dari pelatihnya di pinggir lapangan, Arya tampil percaya diri dan berhasil memenangkan dua gim berikutnya dengan skor 21-16, 21-18. Setelah pertandingan, Arya mengungkapkan perasaannya yang campur aduk, “Pertandingan tadi cukup tegang, soalnya sudah pernah ketemu juga dengan lawan, saat itu kalah babak pertama. Sekarang ketemu di babak final, banyak tegangnya dan ragu-ragu, apalagi banyak suporter dari keluarga jadinya cukup takut.”

Arga juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga, pelatih, dan suporter yang memberikan dukungan besar. “Sudah begitu, unggulan saya lebih tinggi, jadi takut tak bisa main maksimal, tapi akhirnya menang ya alhamdulillah, bersyukur dan terima kasih buat pelatih keluarga yang selalu support terus, serta keluarga di rumah yang support dan doakan saya,” kata Arga.

Dengan gelar juara ini, Arga kini mematok target yang lebih tinggi untuk masa depannya. Selain membuat keluarga bangga, ia juga bermimpi untuk menjadi pebulutangkis berprestasi tanah air. Meskipun tantangan besar masih menanti di depan, Arga yakin dengan dedikasi dan dukungan yang dimilikinya, ia bisa meraih prestasi lebih besar lagi di dunia bulutangkis nasional maupun internasional. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com