Katasulsel.com – Menjelang natal dan tahun baru, Pemerintah Kabupaten Sidrap bekerja sama Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat menggelar pasar murah di Lapangan Kompleks SKPD, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Kamis (14/12/2023).

Komoditas barang pokok (bapok) yang tersedia di pasar murah itu yakni beras medium 5 kg seharga 54 ribu/zak, gula pasir curah Rp13.500/liter, dan minyak goreng merek Minyakita dengan harga Rp13.500/liter. Ada pula telur ayam seharga Rp100.000/3 rak.

Yang menarik, dalam pasar murah itu juga ditawarkan berbagai produk industri kecil menengah (IKM) binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Sidrap. Di antaranya, keripik bakso goreng, keripik tempe, peyek, tengteng, bolu, dan lain-lain.

Menurut Kepala Disdagrin Sidrap, Nurkanaah, pasar murah dilaksanakan dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga pangan, khususnya menyambut natal dan tahun baru.

Dijelaskannya, kegiatan itu terlaksana berkat kerja sama dengan Bulog Sidrap, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP), Dinas Peternakan dan Perikanan, dan Tim Pengendalian Inflasi  Daerah (TPID) Sidrap.

“Untuk di SKPD dilaksanakan dua hari, 14 dan 15 Desember. Pekan depan juga akan dilaksanakan di tiga kecamatan,” terangnya 

Nurkanaah menyebut, di pasar murah itu turut dijual produk IKM. “Ini untuk memperkenalkan dan memberi ruang bagi IKM memamerkan dan memasarkan produk,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bulog Sidrap, Anwar Halim menyambut baik kegiatan tersebut. Dikatakannya, pasar murah memberi kemudahan akses masyarakat memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Kami senantiasa siap mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah daerah, dengan menyediakan stok yang dibutuhkan,” cetus Anwar.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Perdagangan Disdagrin Sidrap, Muhammad Akbar mengutarakan, gerakan pangan murah dilaksanakan sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi di daerah.

“Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan petugas bapok Dinas Perdagangan dan Perindustrian, ada beberapa komoditas barang pokok yang merangkak naik menjelang natal dan tahun baru. Mengantisipasi fenomena tersebut, kami dari pihak pemerintah daerah menggandeng pihak bulog selaku penyangga stok nasional untuk melakukan pasar murah,” terangnya.

Mengenai pelaksanaan pasar murah murah di kecamatan dijelaskan Kabid Ketahanan Pangan DTPHPKP Sidrap, Nurmayani. Tiga kecamatan menjadi lokasi pasar murah yakni Tellu Limpoe, Senin (18/12/2023), Watang Pulu, Selasa (19/12/2023), dan Panca Rijang, Rabu (20/12/2023).

“Lokasi pasar murah di kantor camat masing-masing mulai Pukul 09.00 sampai selesai. Komoditas sama dengan di SKPD, yakni beras, Minyakita, dan gula pasir. Kalau telur belum dipastikan,” pungkasnya.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com