KATASULSEL.COM, LUWU — Seiring dengan momentum deklarasi berbagai figur politik yang siap bertarung dalam Pilkada Luwu, muncullah sosok baru yang siap menggebrak panggung politik. Dikenal sebagai Srikandi Luwu, Hafida Rauf Basyuri ST, merupakan figur yang tak asing lagi dalam dinamika politik Kabupaten Luwu.

Dengan rekam jejaknya sebagai anggota DPRD Luwu selama dua periode, dari tahun 2004 hingga 2014, Hafida mampu memperlihatkan keberpihakan pada kepentingan masyarakat. Terutama sebagai perempuan pertama dari dapil Walmas yang berhasil menembus anggota DPRD pada masa itu, ia bersama dengan Ibu Nurtalib menjadi perempuan yang memberikan warna dalam ranah legislatif.

Ketika ditanya tentang kesiapannya untuk bertarung dalam Pilkada Luwu 2024, Hafida dengan tegas menyatakan kesiapannya. “Saya siap bertarung di Pilkada Luwu 2024 karena dorongan keluarga dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya tanpa ragu, Sabtu, 13 April 2024.

Terkait posisi kandidat, Hafida menegaskan bahwa posisi 01 atau 02 adalah dinamis. “Saya kira posisi 01 atau 02 itu dinamis. Kita lihat saja peluang-peluang kemenangan,” ungkapnya bijak.

Menurutnya, Luwu memerlukan pembangunan dan pengelolaan yang proporsional serta pendekatan humanis. Hal ini menjadikan kualitas pemimpin sebagai salah satu parameter keberhasilan pembangunan di Luwu, baik dalam sektor SDM maupun SDA.

Namun, belakangan ini Hafida jarang terlihat di permukaan dalam kontestasi politik Pilkada maupun sebagai calon legislatif.

Hal ini disebabkan oleh kesibukannya sebagai Ketua Dharmawanita Kabupaten Luwu Utara. Sementara itu, suaminya yang menjabat sebagai salah satu kepala OPD di Luwu Utara sekaligus Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Utara, membuat Hafida terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan di sana.

Di antara nama-nama yang mencuat maju dalam Pilkada Luwu, seperti Arham Basmin, Kol Agus Salim, Muhammad Devi Bijak, Rahmat, Patahuddin, Arbi Syam, dan Hafida Rauf Basyuri sendiri, nampaknya Srikandi Luwu ini siap menjadi salah satu pesaing yang patut diperhitungkan. (poufy)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com