Mahasiswa KKN Unusia Undang Praktisi Kopi Bongkar Kenikmatan Kopi Mulyasari

Kegiatan edukasi roasting kopi yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Unusia Jakarta di Kampung Mulyasari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini mendapat simpatik dari petani dan masyarakat setempat
Silakan Share

Jakarta, Katasulsel.comKegiatan mahasiswa KKN bisa apa saja. Bahkan sesederhana mungkin, asalkan dapat memberi efek positif bagi masyarakat sekitar

Seperti yang dilakukan Kelompok KKN Pancaniti dari UNUSIA Jakarta yang berani mengadakan edukasi roasting kopi di wilayah lokasi KKN di Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Sabtu, 30 Juli 2022.

Tentu saja, mahasisw KKN Unusia ini tidak sembarangan membuat kegiatannya. Mereka membawa praktisi kopi dari Jakarta Timur dan juga sahabat roaster, siapa lagi kalau bukan Muhammad Rully Ibrahim.

Media Katasulsel.com sempat mewawancarai Kang Taufik Abdillah, salah seorang peserta KKN Unusia Jakarta yang diberi amanah di Divisi Ekonomi.

BACA JUGA:  Bincang-bincang Bupati Sidrap dengan Awak Media, Dollah Mando: Pertanian Harus Ditopang Sektor Lain

Menurutnya, kegiatan edukasi roasting kopi tersebut mereka lakukan dengan asumsi bahwa di wilayah tersebut, yakni di Kampung Mulyasari, merupakan salah satu basis petani kopi yang ada di Kabupaten Bogor.

“Kan sayang, petani kopinya banyak namun mereka belum mampu mengeksplor hasil pertaniannnya dengan baik. Ya, minimal petani disini nantinya mampu meroasting dengan baik dan memunculkan rasa asli dari biji kopi tersebut,” tutur mahasiswa semester VI tersebut.

Apa yang dikatakan Kang Taufik Abdillah tersebut, bukanlah isapan jempol semata. Buktinya, setelah melalui proses, biji kopi hasil pertanian di Kampung Mulyasari itu, memang benar sangat berkualitas.

“Kopi Mulyasari ini, tidak hanya nikmat di minum, tetapi juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” tutur Kang Taufik Abdillah lagi.

BACA JUGA:  Mau Bangun Rumah Tapi Dompet Tipis, Jangan Kuatir Kenali Konsep Ini!

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani, sekaligus pemilik salah satu kebun kopi, Waluyo, sangat mengapresiasi kegiatan edukasi roasting yang diadakan oleh Kelompok Pancanitiitu.

Karena itu, Waluyo dan pengusaha kopi lainnya yang ada di Kampung Mulyasari itu berharap kegiatan yang dilaksanakan mahasisw KKN Unusia Jakarta itu kelak dapat mendongkrak perekonomian warga dari hasil pertanian kopi

“Saya sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah menyelenggarakan edukasi ini, saya berharap tidak hanya manfaat saja yang dijelaskan tapi juga dijelaskan bagaimana cara meroasting dan packing dari hasil roasting kopi,” pinta Waluyo.

Gayun bersambut, harapan Waluyo tersebut langsung direspons mahasiswa KKN Unisia dengan memaparkan seputar potensi pemasaran dari hasil olahan kopi Mulyasari itu (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.