Katasulsel.com, Wajo — Kepolisian Resor (Polres) Wajo menggelar apel Pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Patuh Pallawa 2023 dengan tema “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”. Apel ini dilaksanakan di lapangan apel Mapolres Wajo pada hari Senin, 10 Juli 2023.

Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Wajo, AKBP Fatchur Rochman, dan dihadiri oleh Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.S.i., Dandim 1406 Wajo Letkol Inf. Wahyu Yunus S.IP., serta unsur Forkopinda Wajo beserta para tamu undangan.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Wajo, AKBP Fatchur Rochman, S.H., M.H., membacakan amanat Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M.Hum. Beliau menyampaikan bahwa keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas harus menjadi perhatian bersama.

Untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, perlu dilakukan berbagai upaya dengan memberdayakan seluruh stakeholder dan mengoptimalkan koordinasi antar instansi terkait. Hal ini bertujuan untuk mencapai keterpaduan langkah dalam menjalankan tugas di lapangan.

Ops Patuh Pallawa 2023 akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 10 hingga 23 Juli 2023, di seluruh wilayah provinsi Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan operasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam hal keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Beberapa sasaran dalam pelaksanaan operasi patuh antara lain adalah pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara di bawah umur, pengendara berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi dalam keadaan pengaruh alkohol, penggunaan ponsel saat berkendara, pelanggaran arus lalu lintas, kecepatan melampaui batas, dan pelanggaran terkait tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang tidak sesuai spek.

“Pelanggaran akan ditangani dengan pendekatan persuasif dan humanis, baik melalui teguran tertulis, tilang manual, maupun sistem E-TLE,” jelas Kapolres.

AKBP Fatchur Rochman berharap agar personil yang terlibat dalam Operasi Patuh 2023, terutama personil lalu lintas, melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan menghindari tindakan yang kontraproduktif yang dapat merugikan diri sendiri maupun institusi Polri.

“Melaksanakan kegiatan yang profesional dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri secara umum,” tambahnya.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com