banner 650x65

Makassar – Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), menjadi sorotan kembali menjelang Pemilu 2024. Pemilihan calon anggota legislatif (Caleg) di daerah ini menarik perhatian karena empat Partai Politik (Parpol) yang pernah berjaya pada Pemilu 2014, yaitu Gerindra, PDIP, Nasdem, dan PPP, kini menghadapi pertarungan politik yang menentukan.

Nasdem menjadi salah satu parpol yang paling kukuh menunjukkan dominasinya dengan meraih kursi terbanyak pada Pemilu sebelumnya. Partai ini berhasil meningkatkan jumlah kader yang menduduki kursi di DPRD Sidrap dari 4 menjadi 8 orang setelah mantan Bupati Sidrap dua periode, H Rusdi Masse (RMS), memutuskan untuk bergabung dengan Nasdem dan menjabat sebagai Ketua DPW Nasdem Sulsel. Namun, pertanyaan muncul apakah Nasdem dapat mempertahankan performa gemilangnya atau mengalami penurunan popularitas di Pemilu mendatang.

Tak kalah menarik adalah kiprah Gerindra yang dipimpin oleh Dollah Mando (Bupati) di Sidrap. Pada Pemilu sebelumnya, partai ini berhasil memperoleh tambahan satu kursi menjadi empat kursi di DPRD Sidrap. Bagaimana nasib Gerindra pada Pemilu mendatang? Apakah mereka dapat meningkatkan perolehan suara atau justru mengalami penurunan?

Pada Pemilu 2019-2024, dua partai yang sebelumnya hanya memiliki perwakilan sedikit, yaitu PDIP dan Perindo, menunjukkan lonjakan yang mengejutkan dengan berhasil menempatkan satu orang perwakilannya di DPRD Sidrap. Perindo, sebagai partai baru, mencatatkan sejarah dengan kehadiran perwakilannya di legislatif daerah ini. Bagaimana perjalanan keduanya di Pemilu mendatang? Apakah mereka dapat mempertahankan kursi yang telah diperoleh atau bahkan meraih kemenangan lebih signifikan?

Menurut Pengamat Politik, Yusran M. Said, Pemilu 2024 di Sidrap akan menjadi ujian bagi ke empat parpol yang pernah berjaya tersebut. “Tingkat keberhasilan parpol-parpol ini akan sangat bergantung pada strategi kampanye, calon-calon yang diusung, serta bagaimana partai-partai ini berkomunikasi dengan masyarakat,” ujar Said.

Dari empat partai yang pernah berjaya di Pemilu 2014 tersebut, kata Yusran, ada du partai yang ia prediksi akan tambah eksis di masa datang. Keduanya, sebut dia, yakni Nasdem dan PPP, “Yang terutama adalah Nasdem, partai ini akan makin bersinar menyusul program-program kemasyarakatan yang selama ini ia luncurkan,” kata Yusran

Menurut Yusran lagi, pertarungan politik di Sidrap akan semakin ketat dan menarik perhatian publik. Warga Sidrap menanti dengan antusias hasil Pemilu untuk melihat apakah ke empat parpol yang pernah berjaya tersebut mampu bertahan, mengalami peningkatan, atau bahkan harus menelan kekalahan di panggung politik yang penuh dinamika ini. Semua akan terungkap pada momentum Pemilu 2024 yang semakin mendekat.(*)

banner 650x900