Katasulsel.com, Sidrap – Forum Peduli Mustad’afin (FPM) mengejutkan Kantor Polres Sidrap dengan kunjungan mendadak pagi ini, Senin, Senin, 14 Agustus 2023.

Dipimpin oleh Ketua FPM, Muhammad Ahlan, rombongan ini datang sesaat saat upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Polres Sidrap, AKP H Zakaria yang diangkat sebagai Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Sidrap berlangsung.

Tampak jelas ada yang menenteng benda berisi badik terbungkus kaca. Badik tersebut sepertinya merupakan sebuah pusaka yang akan diberikan kepada seseorang.

Lantas, apa maksud kedatangan Mustad’afin ke Polres Sidrap itu?. Muhammad Ahlan bersama anggota FPM lainnya, mengungkapkan bahwa FPM datang untuk memberikan penghargaan kepada tiga satuan dalam Polres Sidrap, yakni, Satuan Narkoba, Divisi Propam, dan Humas. Penghargaan ini, kata dia, diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja positif ketiga satuan dan atau bagian tersebut.

Selain piagam, juga ada penyerahan pusaka berupa badik untuk Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S. I. K.

“Mengapa harus badik?, sebab ada pesan leluhur Bugis mengatakan “Assipa kawaliko nak, na mupatettongngi Gettengnge” yang artinya Wahai Anakku Milikilah Sifat seperti Badik yang mampu berdiri tegak dan kokoh,” kata Ahlan

Dengan demikian, harapnya, Polres dan seluruh jajarannya sekiranya dalam menegakkan hukum tetap berlaku adil tanpa pandang bulu.

Ahlan menjelaskan, bahwa tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk memberikan motivasi kepada satuan-satuan tersebut agar terus bekerja lebih baik. Ini bukan hanya sekadar pencitraan, melainkan atas penilaian kinerja yang telah mereka tunjukkan selama ini.

FPM melihat dan merasakan kontribusi besar yang telah diberikan Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah dan jajarannya, terutama dalam upaya preventif terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkoba. FPM mendukung program penerapan Pasal 54 UU No. 35 tahun 2009, yang mengarahkan korban penyalahgunaan narkoba untuk menjalani rehabilitasi sosial dan medis.

FPM juga memberikan apresiasi kepada Divisi Propam yang telah berani dan profesional dalam menjalankan tugasnya, termasuk menegakkan disiplin internal. Beberapa anggota kepolisian yang melanggar kode etik atau hukum telah diproses oleh divisi ini.

Seksi Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Sidrap juga mendapatkan penghargaan karena penerapan keterbukaan informasi publik yang profesional. Ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat, tetapi juga wartawan yang berinteraksi dengan Polres Sidrap.

Lebih jauh Ahlan menegaskan, penghargaan yang diberikannya tersebut, bukan sekadar formalitas, terlebih pencitraan, namun didasarkan pada evaluasi kinerja yang telah dilakukan oleh FPM selama ini. Dengan ini, FPM berharap bahwa satuan-satuan tersebut akan terus mengembangkan upaya positif mereka untuk kebaikan masyarakat.

Pemberian penghargaan ini, juga menjadi refleksi dari upaya Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, dan timnya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Program-program seperti ‘Program Bersinar’ yang digagas oleh Kapolres sebagai upaya preventif dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, menunjukkan komitmen Polres Sidrap dalam melindungi masyarakat dari bahaya narkotika.

Ketika berbicara tentang Divisi Propam, Ahlan menegaskan bahwa tindakan tegas dan profesional dalam menegakkan disiplin internal adalah aspek penting untuk menjaga integritas kepolisian. Tindakan penghentian anggota kepolisian dengan tidak hormat juga menunjukkan bahwa Polres Sidrap serius dalam menjaga integritas internal mereka.

Dalam hal keterbukaan informasi publik, Humas Polres Sidrap mendapatkan pujian dari FPM. Sikap profesional dalam memberikan informasi dan data yang diperlukan oleh masyarakat serta media massa sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) menunjukkan transparansi dan akuntabilitas Polres Sidrap dalam melibatkan publik.

Ahlan mengakhiri pernyataannya dengan menekankan bahwa pemberian penghargaan ini adalah bentuk apresiasi nyata dari FPM terhadap upaya dan kontribusi positif Polres Sidrap. Ini juga menjadi momentum untuk memotivasi dan mendorong satuan-satuan tersebut untuk terus meningkatkan kinerja mereka demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam suasana yang sarat dengan semangat penghargaan dan motivasi ini, Polres Sidrap menerima apresiasi dari Forum Peduli Mustad’afin sebagai bentuk pengakuan atas upaya nyata mereka dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam mengakhiri kunjungannya, Ahlan juga menyatakan harapannya bahwa kerjasama positif antara Forum Peduli Mustad’afin dan Polres Sidrap akan terus berlanjut. Ahlan menegaskan bahwa FPM akan terus mendukung dan mengapresiasi inisiatif positif yang dilakukan oleh aparat kepolisian untuk kebaikan masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, menyambut baik penghargaan yang diberikan oleh FPM. Ia mengungkapkan rasa terima kasih atas pengakuan terhadap upaya dan dedikasi anggota Polres Sidrap. Kapolres juga menegaskan komitmen Polres Sidrap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dengan suasana penuh apresiasi dan harapan, kunjungan mendadak Forum Peduli Mustad’afin (FPM) ke Kantor Polres Sidrap memberikan gambaran tentang kerjasama positif antara masyarakat dan lembaga kepolisian dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan bersama. Kedua belah pihak menunjukkan komitmen mereka untuk membangun lingkungan yang lebih baik melalui kerja sama yang erat.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com