Katasulsel.com, Sidrap — Lomba mewarnai yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Penggerak, Agatis, Disdikbud Sidrap di Aula SKPD Pemkab Sidrap pada 27 November 2023, diikuti oleh peserta didik dari PAUD, TK, dan SD, serta guru PAUD/TK, SD, dan SMP. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara HGN 2023 tingkat Kabupaten Sidrap, dan mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Faizal Sehuddin, S.STP, M.Adm.KP.

Tujuan diadakan lomba mewarnai ini adalah untuk mengembangkan kreativitas serta melatih motorik kasar dan halus dari peserta didik, mengajarkan paduan warna yang baik kepada anak-anak, dan mengenalkan seni mewarnai sebagai sarana ekspresi diri dan hobi yang menyenangkan. Selain itu, diharapkan bahwa kegiatan yang dilakukan ini dapat memberikan pengalaman seru, menyenangkan, serta pembelajaran yang berkesan.

Acara lomba mewarnai ini berlangsung meriah. Terlihat antusiasme yang tinggi dari para peserta didik. Peserta mulai memadati aula sejak pagi hari, oleh para guru serta komunitas pendidikan lainnya. Mereka mengenakan seragam sekolah lengkap dengan peralatan mewarnai seperti krayon, pensil warna, dan gambar untuk diwarnai.

Ketika sebelum acara dimulai, terlihat para peserta didik dan guru sibuk menyiapkan tempat duduk untuk menunjang kenyamanan dan keamanan selama kegiatan dilakukan. Setelah semuanya siap, MC yang telah disiapkan menyampaikan aturan dan ketentuan yang harus diikuti oleh para peserta, seperti waktu yang ditentukan untuk lomba, jumlah warna yang harus dipakai, serta kriteria nilai penilaian.

Lomba mewarnai pun dimulai. Peserta bersemangat mengisi gambar dengan warna-warni ceria sesuai dengan imajinasi mereka. Tak jarang pula terlihat mereka saling bercanda dan tertawa bersama. Selama kegiatan berlangsung, para peserta didik dan guru sangat mendukung satu sama lain, saling memberi semangat dan menunjukkan sikap sportifitas.

Setelah beberapa waktu lomba mewarnai berlangsung, kegiatan akhirnya berakhir. Terlihat sekali kebahagiaan di wajah para peserta dan guru. Setelah penjurian dilakukan dan pemenang diumumkan, mereka resmi meraih gelar juara untuk setiap kategori lomba yang diadakan. Cara ini terbukti cukup efektif dalam menciptakan rasa kebersamaan dan persatuan antara para peserta yang berasal dari beragam sekolah di Kabupaten Sidrap.

Pada akhir acara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Faizal Sehuddin, S.STP, M.Adm.KP mengapresiasi kegiatan yang dilakukan ini. Ia menyatakan bahwa acara seperti ini perlu diselenggarakan lebih sering untuk melatih keterampilan dan kreativitas anak-anak, dan juga untuk mengasah rasa persatuan dan kebersamaan. Semoga kegiatan lomba mewarnai ini dapat terus diadakan dan menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh peserta didik dan guru di Kabupaten Sidrap.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com